Benarkah Bawang Merah dan Bawang Putih Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara?
ilustrasi

Benarkah Bawang Merah dan Bawang Putih Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara?

Selasa, 1 Okt 2019 | 11:55 | Rusmanto
Winnetnews.com - Bawang merah dan bawang putih adalah bumbu makanan yang hampir selalu kita gunakan saat memasak. Keberadaan bumbu ini bisa membuat rasa dan aroma makanan menjadi semakin nikmat. Tak hanya itu, pakar kesehatan menyebut mengonsumsinya secara teratur bisa membantu mencegah datangnya berbagai macam masalah kesehatan.

Bawang Merah dan Bawang Putih Bermanfaat Turunkan Risiko Kanker Payudara

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Medical Daily, disebutkan bahwa bawang merah serta bawang putih memang bisa menurunkan risiko salah satu kanker paling mematikan dan paling sulit untuk diobati ini. Hal ini diungkap dalam penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan Puerto Rico.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa masyarakat yang rutin mengonsumsi makanan khas Puerto Rico, Sofrito, cenderung memiliki risiko terkena kanker payudara yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan yang jarang mengonsumsinya. Sebagai informasi, sofrito memiliki bahan utama berupa bawang merah dan bawang putih.

“Masyarakat Puerto Rico cenderung memiliki risiko kanker payudara yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan masyarakat Amerika Serikat. Hal ini sepertinya terkait dengan kebiasaan mengonsumsi sofrito yang merupakan salah satu makanan pokok di wilayah tersebut,” ucap salah satu peneliti yang berasal dari University of Buffalo, Gauri Desai.

Sebagai informasi, penelitian ini melibatkan sekitar 600 wanita dalam kurun waktu 2008 hingga 2014. Para partisipan ini dicek pola makan hariannya dan kecenderungan untuk terkena kanker payudara.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...