Benarkah Berat Badan Akan Naik Bila Berhenti Merokok?
ilustrasi

Benarkah Berat Badan Akan Naik Bila Berhenti Merokok?

Sabtu, 20 Jul 2019 | 12:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ada anggapan yang dipercaya oleh banyak orang, yakni jika kita berhenti merokok, maka berat badan akan naik. Sebenarnya, apakah anggapan ini sesuai dengan fakta medis? Berikut adalah penjelasan dari pakar kesehatan terkait hal ini.

Dampak berhenti merokok bagi berat badan

Banyak orang yang menyebut berhenti merokok akan membuat kita seperti mencari hal yang bisa mengalihkannya. Hal ini sayangnya akan membuat kita menjadi lebih tertarik untuk ngemil dan akhirnya menyebabkan berat badan naik.

Penelitian pun dilakukan oleh para ahli dari Kyoto Medical Center untuk membuktikan apakah berhenti merokok bisa menyebabkan berat badan naik atau tidak. Hasilnya adalah, anggapan ini memang benar. Mereka yang berhenti merokok memang cenderung mengalami peningkatan berat badan. Semakin tinggi tingkat kecanduan nikotin sebelumnya, semakin besar pula kemungkinan berat badan naik setelah berhenti merokok.

Dalam penelitian yang melibatkan 186 relawan yang memiliki usia rata-rata 60 tahun ini, sebelumnya para relawan diketahui merokok hingga satu bungkus setiap hari. Tiga bulan setelah penelitian, mereka berhenti merokok dan akhirnya mengalami kenaikan berat badan rata-rata 1,1 kilogram.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...