Benarkah Cahaya Ponsel Buat Orang Susah Tidur? Begini Penjelasan Ahli
Ilustrasi: Vox

Benarkah Cahaya Ponsel Buat Orang Susah Tidur? Begini Penjelasan Ahli

Sabtu, 28 Sep 2019 | 20:00 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Beberapa orang menyebut jika bermain ponsel ketika tidur akan menganggu kualitas tidur. Namun seorang Profesor Universitas Oxford, Russell Foster, hal tersebut terlalu dilebih-lebihkan. Ia mengungkapkan jika cahaya pada ponsel tidak akan sampai menganggu aktivitas tidur secara signifikan. Mengapa bisa demikian?

Russell berkata jika begadang semalaman di depan layar dengan intensitas cahaya yang begitu terang bisa memberikan dampak bagi seseorang. Namun itu rupanya tidak terjadi pada orang keseluruhan.

Menurut Russell, kualitas tidur seseorang akan terganggu karena terlalu capek atau lelah setelah menggunakan gadget secara berlebihan, bukan dari cahaya yang berasal dari gadget.

“Hal yang membuat orang tidak tidur nyenyak adalah karena kelelahan bermain ponsel, bukan karena cahaya dari ponsel,” kata Russell.

Dikutip dari The Sun, Russell mejelaskan bahwa cahaya tidak bisa dengan mudah untuk menganggu ritme sirkadian yang mengatur pola tidur seseorang. Perlu banyak cahaya untuk menganggu ritme sirkadian dan pola tidur seseorang.

“Cahaya yang cukup kuat adalah dari matahari. Contohnya adalah cahaya senja yang membuat orang mengantuk dan cahaya pagi yang membuat orang ingin segera bangun,” jelas Russell.

Kuantitas cahaya dari ponsel kemungkinan sangat kecil untuk menganggu kualitas tidur. Hal yang justru menganggu jika seseorang meletakkan ponsel atau gadget di tepat di samping tempat tidur.

“Cahaya ponsel hanya mempengaruhi sedikit durasi tidur seseorang sehingga membuatnya bangun dalam keadaan lelah,” pungkas Russell.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...