Benarkah Camilan Sehat di Jam Kantor Bisa Picu Kerja Otak Lebih Optimal?
Ilustrasi: Huffington Post

Benarkah Camilan Sehat di Jam Kantor Bisa Picu Kerja Otak Lebih Optimal?

Minggu, 15 Des 2019 | 09:59 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Kebiasaan negmil di kantor tidak selamanya menimbulkan masalah kesehatan. Kebiasaan negmil ternyata dapat meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat. Namun perlu diingat bahwa camilan yang kamu konsumsi haruslah camilan sehat dengan kandungan nutrisi yang bisa menstimulasi daya piker.

Dilansir dari Livestrong, menambahkan camilan sehat di antara waktu makan ternyata dapat meningkatkan fokus dan kinerja, terutama di tempat kerja. Menurut American Dietic Association, camilan di sore hari bisa membuat orang menyelesaikan tugas mereka secara lebih cepat dan efisien.

“Konsentrasi dalam bekerja tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tingkat kesulitan, lingkungan atau suasana, dan psikologis bekerja. Nutrisi yang dipilih benar-benar menentukan. Di sini, nutrisi terdiri dari makanan utama, snack serta buah, dan air yang sangat duperlukan utnuk membangun metabolism, termasuk metabolism otak untuk konsentrasi bekerja,” kata dr. Muliaman Mansyur, dilansir dari Wolipop.

image0
     Ilustrasi: The Best Recipes Compilation Ever

Menurut dr. Muliaman, saat jam kantor, terutama di jam makan, banyak energi otak yang terkuras karena digunakan untuk bekerja. Selepas itu, otak akan memberikan sinyal untuk bisa menambah energi. Di sinilah kamu butuh camilan untuk menjaga konsentrasi ketika bekerja.

“Karena bekerja dalam waktu yang lama, camilan menjadi sesuatu yang penting, terutama di antara sarapan ke makan siang dan antara makan siang dan jam pulang kerja atau makan malam. Pada jam-jam tersebut, tubuh perlu asupan camilan agar tetap bisa berkonsentrasi,” lanjut dr. Muliaman.

Untuk jenis camilan yang dikonumsi, dr. Muliaman menyarankan jenis yang bisa mengontrol gula darah lebuh stabil dan tidak memicu peningkatan gula darah secara signifikan. Karena apabila gula darah meningkat tajam, kamu justru akan mengantuk dan malas.

“Contoh camilan yang harus dihindari adalah donat, soft drink, roti manis, gorengan, junk food, biscuit, dan snack lain yang mengandung gula dan lemak tinggi. Sebagai pilihan, cobalah mengonsumsi snack yang mengandung banyak serat,” ujar dr. Muliaman.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...