Benarkah Ciliwung Sudah Bersih?

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Benarkah Ciliwung Sudah Bersih?

 

Wingamers.com - Benarkah Ciliwung sudah bersih? Pantauan wingamers dari media sosial, beredar foto-foto yang menunjukkan bersihnya Ciliwung dan waduk Ria Rio yang selama puluhan tahun selalu sulit dibersihkan dan dinormalisasi.

Berawal dari postingan pengguna akun Facebook bernama Andrinov Satar dengan caption "70 tahun merdeka, baru sekarang lihat Jakarta mulai tertata dengan benar. Ini baru world class city! Lanjutkan...!!!" Andrinov menampilkan lima foto kali di Jakarta yang sudah bersih. Foto tersebut telah di-share sebanyak 6.305 dan mendapatkan 4.343 likes.

Komentar kebanyakan positif. Relokasi penduduk di kawasan Kampung Pulo, Jatinegara diyakini sebagai solusi banjir. Secara akses kali Kali Ciliwung di Kampung Pulo bisa dinormalisasi. Minimal daerah kampung Pulo tak akan banjir lagi.

Setelah normalisasi akan dibangun dinding pembatas yang akan selesai akhir tahun ini. Tahap selanjutnya di Kampung Pulo ini akan dibangun sodetan yang berfungsi sebagai pengendali air Kali Ciliwung. Upaya normalisasi Sungai Ciliwung akan terus dilakukan mulai dari kawasan jembatan tol TB Simatupang hingga ke Pintu Air Manggarai dengan panjang mencapai 19 kilometer. Relokasi warga Kampung Pulo diharapkan membantu upaya normalisasi ini.

Bukan tidak mungkin, Ciliwung yang bisa menampung air lebih banyak sehingga Jakarta tidak kebanjiran bisa dijadikan tempat wisata.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});