Benarkah Daya Ingat Memburuk Saat Pagi Hari?
ilustrasi

Benarkah Daya Ingat Memburuk Saat Pagi Hari?

Selasa, 14 Jan 2020 | 20:35 | Rusmanto
Winnetnews.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkap sebuah fakta yang unik tentang kebiasaan manusia untuk melupakan sesuatu. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa kita cenderung mudah lupa di pagi hari. Sebenarnya, apa penyebab kita sering lupa di waktu tersebut.

Penyebab Mudah Lupa di Pagi Hari

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Tokyo University, disebutkan bahwa daya ingat kita tidak selalu stabil sepanjang hari. Daya ingat kita cenderung sangat buruk saat bangun tidur atau di pagi hari. Hanya saja, di sore hari, kemampuan daya ingat kembali membaik.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan tikus percobaan. Hasilnya adalah, ada gen yang teridentifikasi bisa memberikan pengaruh besar bagi daya ingat. Para peneliti pun kemudian mencoba mencari tahu penyebab mengapa tikus-tikus ini cenderung mudah lupa di waktu-waktu tertentu.

Hasilnya adalah, siklus tidur ternyata memiliki kaitan dengan kekuatan memori. Apalagi jika kita tidak mempelajari sebuah informasi dengan benar sebelumnya. Informasi yang direkam pun tidak bisa benar-benar utuh sehingga membuat kita mudah melupakannya.

Jika kualitas tidur kita kurang baik, fungsi memori juga akan berkurang sehingga membuat kita cenderung lebih mudah lupa di pagi hari atau setelah bangun. Sementara itu, di waktu lain seperti sore hari, kita terkadang mempelajari informasi baru yang bisa saja melengkapi potongan-potongan dari informasi tentang memori lama yang sempat kita lupakan. Keberadaan potongan-potongan informasi ini bisa saja saling melengkapi sehingga membuat kita bisa mengingatnya kembali.

Dalam penelitian ini, tikus-tikus dikondisikan agar mempelajari obyek baru dalam waktu beberapa menit. Setelahnya, para peneliti mengecek seberapa lama tikus menyentuh obyak tersebut saat dicoba untuk diperkenalkan kembali. Hasilnya adalah, tikus-tikus ini membutuhkan waktu cukup lama untuk menyentuhnya kembali. Bagi tikus yang memiliki kualitas tidur buruk, waktu yang dibutuhkan bahkan jauh lebih lama.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...