Benarkah Diet Keto Bisa Atasi Penyakit Jantung?
ilustrasi

Benarkah Diet Keto Bisa Atasi Penyakit Jantung?

Kamis, 26 Mar 2020 | 06:58 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Diet keto dikenal sebagai pola makan atau diet yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan karbohidrat secara drastis dan memperbanyak asupan lemak. Pengurangan asupan karbo ini membuat tubuh berada pada sebuah keadaan metabolisme yang disebut ketosis. Apabila Anda tertarik untuk melakukan diet ini, sebaiknya ketahui lebih lanjut apa saja manfaat dan risiko kesehatan yang mungkin terjadi pada tubuh. Salah satunya adalah berdampak pada jantung. Apakah dampak ini bersifat positif atau merugikan?

Apa diet keto bisa diterapkan orang yang memiliki masalah jantung?

Secara singkat, bagi Anda yang memiliki atau berisiko mengalami masalah jantung, atau pada dasarnya peduli dengan kesehatan jantung, mungkin dapat mencoba diet keto asalkan berada di bawah pengawasan dokter yang paham mengenai diet ini. Idealnya, Anda juga menerima bimbingan dari ahli gizi.

Benarkah diet keto bermanfaat untuk kesehatan jantung?

Seperti yang dilansir di Everydayhealth, menurut Audrey Fleck, seorang ahli nutrisi dari Pennsylvania, masalah utama pada jantung adalah peradangan karena dapat merusak arteri. Seringkali, penyebab peradangan adalah meningkatnya gula darah.

Fleck menambahkan, diet keto dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan fungsi insulin, dan bersifat antiradang. Sebagai informasi tambahan, insulin membantu tubuh mengatur kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, diet keto dapat membantu mencegah terjadinya peradangan sehingga bermanfaat untuk jantung.

Namun, pemilihan makanan tertentu berpengaruh pada manfaat dari diet kato. Pada studi yang diterbitkan pada 2010 menyatakan bahwa wanita dan pria yang menerapkan pola makan rendah karbo, tapi bergantung pada sumber makanan hewani, memiliki risiko kematian 43% lebih tinggi dibandingkan orang yang bergantung pada sumber makanan nabati. Contohnya alpukat dan kacang-kacangan untuk mendapat asupan protein dan lemak.

Orang yang menerapkan diet keto tapi mengandalkan sayuran sebagai sumber lemak dan protein memiliki risiko kematian di usia muda dan penyakit jantung yang lebih rendah, masing-masing sebesar 20 dan 23 persen.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...