Benarkah Efek Samping Ini Hanya Dialami Pria Usai Mendapatkan Vaksin COVID-19?
ilustrasi

Benarkah Efek Samping Ini Hanya Dialami Pria Usai Mendapatkan Vaksin COVID-19?

Jumat, 11 Jun 2021 | 09:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ada banyak efek samping vaksin Covid-19 yang bisa Anda alami, seperti sakit kepala atau nyeri di sekitar bekas suntikan. Kondisi itu merupakan hal normal karena tubuh merespons benda asing yang masuk. Namun, ada pula efek samping yang cukup menimbulkan kekhawatiran.

Sebelumnya, penggumpalan darah jadi salah satu efek samping vaksin Covid-19 yang perlu Anda waspadai. Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), ada kondisi lain yang juga penting untuk Anda perhatikan, yaitu miokarditis.

Miokarditis adalah kondisi di mana otot jantung mengalami pembengkakan. Sayangnya, kondisi itu tak langsung terjadi. Dibutuhkan waktu beberapa hari sampai akhirnya penderita mengalami gejalanya. Miokarditis sebagai efek samping vaksin lebih banyak dialami laki-laki dewasa berusia lebih dari 16 tahun.

Salah satu penelitian yang membuktikan hasil tersebut dilakukan dengan melibatkan tujuh pria berusia 14-19 tahun. Setelah divaksin, mereka mendatangi rumah sakit dengan keluhan nyeri dada. Hasil diagnosa menunjukkan bahwa merea mengalami miokarditis.

Melansir Best Life, sampai saat ini hubungan miokarditis dan efek samping vaksin Covid-19 masih terus ditelusuri. Penting bagi Anda untuk mewaspadai gejala miokarditis yang muncul. Misalnya, nyeri dada, sesak napas, detak jantung meningkat, dan lain sebagainya.

Selain mewaspadai gejala-gejala tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan supaya efek samping vaksin Covid-19 tak semakin parah. Pertama, hindari melakukan aktivitas fisik dengan intensitas berat secara berlebihan.

Kedua, hindari dehidrasi dengan minum banyak air putih. Usahakan untuk minum delapan gelas air putih per hari, apalagi saat cuaca di tempat tinggal Anda panas.

Jika Anda ingin meredakan rasa nyeri di sekitar bekas suntikan vaksin, ada baiknya bagi Anda untuk menggunakan kompres atau lebih menggerakkan lengan. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga rasa sakit berkurang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di kesehatan.kontan.co.id dengan judul "Efek samping vaksin Covid-19 banyak dialami pria? Cek laporannya"


 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...