Benarkah Eyelash Extension Menambah Percaya Diri?
Sumber Foto : Istimewa

Benarkah Eyelash Extension Menambah Percaya Diri?

Sabtu, 6 Apr 2019 | 11:18 | Oky

WInnetnews.com - Salah satu metode kecantikan yang sedang tren saat ini adalah metode Eyelash Extensions. Eyelash extension Sesuai dengan namanya, perawatan ini merupakan perawatan yang ditujukan
untuk membuat bulu mata menjadi lebih panjang,
lebih tebal dan lebih lentik dengan menggunakan metode extension (menyambung). Caranya bulu mata buatan akan ditempelkan satu per satu
 pada bulu mata asli menggunakan lem khusus extension bulu mata.
 Dengan teknik ini, bulu mata akan terlihat lebih lentik dan natural.

Di Indonesia penggunaan Eyelash Extensions sangat berperan penting dalam lifestyle dan menjadikan Eyelash Extensions sebagai kebutuhan kaum wanita di Indonesia,  Eyelash Extensions ini dianggap penting bagi kaum wanita karena dapat mempersingkat waktu berdandan dan agar terlihat semakin cantik adapun kelebihan menggunakan Eyelash Extensions adalah :

  1. Dapat mempersingkat waktu atau hemat waktu
  2. Tanpa bantuan riasan di area mata, mata sudah terlihat lebih ‘hidup’
  3. Selalu tampak stand out kapan saja dan dimana saja
  4. Menambah rasa percaya diri

Adapun bebrapa cara atau hal-hal yang harus di lakukan pada saat setelah menggunakan Eyelash Extension

  1. Tidur Telentang

    image0

    Untuk kalian yang sudah terbiasa suka tidur ke samping, membiasakan diri tidur telentang mungkin terdengar sulit. Tapi sangat penting untuk tidur telentang selama menggunakan eyelash extensions, apalagi pada saat hari pertama pengaplikasiannya. Hal ini dikarenakan lem memerlukan beberapa saat untuk mengering sepenuhnya dan tidur menyamping bisa saja merusak posisi dari eyelash extentions-mu. Tetapi percayalah, eyelash extensions-mu akan tahan lebih lama jika kamu membiasakan diri untuk tidur telentang.
  2. Bersihkan Secara Menyeluruh

    image1

    Cara merawat eyelash extensions selanjutnya berkaitan dengan riasan mata. Memang tidak disarankan untuk menggunakan riasan mata seperti eyeshadow atau eyeliner pada saat menggunakan eyelash extensions, tetapi jika Toppers ingin mengaplikasikan riasan mata ini, tentu tidak apa-apa.  Namun, hal ini akan membuat eyelash extensions-mu berumur lebih pendek, kecuali kamu bisa membersihkan riasan mata tanpa mengusik eyelash extensions-mu

    Jika kamu menggunakan riasan mata, saat melepas riasan mata seperti eyeliner, eyeshadow, dan lainnya, kamu harus ekstra hati-hati pada saat menghapusnya. Gunakan kapas kecil atau cotton bud untuk menghapusnya dengan micellar water. Jangan gunakan pembersih makeup yang berbahan dasar minyak karena minyak dapat membuat lem menjadi lemah dan bulu mata pun akan rontok.
  3. Sisir Bulu Mata

    image2

    Untuk mencegah bulu mata yang tampak cross atau miring miring, gunakan spoolie atau sisir bulu mata untuk menyisir bulu mata yang berantakan. Caranya dengan letakkan spoolie di bawah bulu mata mu, lalu sisir dengan gerakan menggulung menggunakan spoolie. Bulu mata pun akan terlihat rapi dan tahan lama.
  4. Jangan Menyentuh Bulu Mata Terlalu Sering

    image3

    Bulu mata memang akan rontok secara alami, jadi jika kamu sedang menggunakan eyelashes extension, ini akan membantu mendorongnya pada saat bulu mata mulai tumbuh panjang. Jika perpanjangan bulu mata menjadikan eyelash extensions-mu terlihat tidak pada tempatnya, hindari bermain dengan memutar atau menariknya. Kamu akan kehilangan kehilangan bulu mata palsu dan alami mu. Biarkan eyelash extensions lepas dengan sendirinya dan gunakan spoolie untuk menyikatnya kembali pada tempatnya untuk sementara.
  5. Hindari Penggunaan Riasan Mata Waterproof

    image4

    Riasan mata tahan air atau waterproof sangat sulit untuk dibersihkan. Biasanya dibutuhkan pembersih minyak yang kuat dan dihapus dengan cara digosok. Dengan eyelash extensions, kamu sebenarnya bahkan tidak memerlukan maskara atau eyeliner lagi. Tetapi jika kamu tetap ingin menggunakannya, hindari penggunaan riasan makeup waterproof dan pastikan makeup mudah dihapus tanpa harus digosok di bagian mata.
  6. Hindari Kontak dengan Air di Hari Pengaplikasian

    image5

    Lem yang digunakan untuk ekstensi bulu mata perlu 24 jam penuh untuk kering, namun tergantung pada jenis lem yang digunakan, beberapa jenis mungkin dibutuhkan waktu hingga 48 jam, jadi kamu harus tanyakan kepada lashtician yang memasang eyelash extensions-mu.

    Agar aman, hindari panas yang berlebihan selama beberapa hari pertama juga, termasuk sauna dan mandi dengan air yang terlalu panas sehingga mengeluarkan uap, di mana kau bisa mengeluarkan banyak keringat. Jika basah secara tidak sengaja, langsung keringkan dan sisir kembali agar terlihat rapi.
  7. Jangan Mencabut Eyelash Extensions Sendiri

    image6

    Cobalah untuk tidak mencabut eyelash extensions-mu sendiri. Hal ini dapat merusak bulu mata asli kamu dan akan sangat sakit jika mencabutnya dengan cara yang tidak benar. Jika kamu memang ingin berhenti menggunakannya, kamu harus kembali ke tempat dimana kamu memasangnya dan mintalah lashtician untuk melepas eyelash extensions untuk-mu.

Salah satu pemakai Eyelash Extension, Febby Hagania salah satu Mahasiswi STIKOM- The London School of Public Relations Jakarta bercerita tentang pengalaman dia sebelum dan sesudah menggunakan Eyelash Extension,

” awalnya gue dulu merasa orang paling jelek di lingkungan kampus gue , ya karena di kampus gue emang terkenal anakanya cantik-cantik”. Febby menambahkan “ sejak saat itu gue mulai mencari-cari informasi tetang bagaimana sih bisa cantik ? gue tanya ke teman , buka google, sampe gue cari tau obat biar cantik dengan waktu yang singkat, tapi masih saja belum ketemu begitu loh, kadang itu gue sampai bisa mau depresi, untung saja belum sampe kepikiran ngelakuin bunuh diri, ih amit-amit deh”.

Pada saaat itu febby tidak memilikii rasa percaya diri yang tinggi karena dia merasa jelek dan tidak ada satupun cowo yang ingin berkenalan dengan dia.

“ gue itu sedih banget disaat teman-teman gue satnite-an, movie time, chating sm pacar mereka diposisi itu gue doing nothing without anyone”.

Disini febby makin merasa kalau di kampus harus tampil cantik di saat itu febby langsung menceritakan rasa tidak percaya dirinya ke pada sahabat yang bernama Fiorence.

Febby curhat kepada Fio tentang segalanya yang dirasakan dia selama ini, sampai si Febby menangis saat menceritakan semuanya. Febby menceritakan tentang bagaimana ia bisa menjadi salah satu yang di lirik oleh cowok-cowok yang ada di lingkungan kampus maupun untuk menunjang penampilannya.

“Fio cerita ke gue waktu itu, dia punya tante atau mama nya begitu gue sudah lupa, cerita kalau yang Fio kenal itu melakukan eyelash extention, dan gue baru sadar kalo gue memang kurang di bulu mata, bulu mata gue tipis dan sangat jarang rambutnya”. ungkap Febby.

Akhir dari percakapan Fio dan Febby, akhirnya febby,” yaudah gue bakal coba eyelash extention yang diceritain Fio, kalo gasalah di Jakarta utara tempatnya, waktu pertama kali coba dulu.”

Pertama kali mencoba eyelash extention, Febby tidak langsung ingin sekali mencoba eyelash extention, tapi juga memikirkan akibat dari eyelash extentionnya. “Bener banget dulu waktu pertama kali mau coba eyelash extention, gue berpikir ntar jadinya bagaimana ya, ntar efeknya bagaimana ya, gatel gak ya, sakit ga ya, aneh ga ya, cocok gak ya, semua pertanyaan itu ada di otak gue banget waktu itu, sampai gue coba sendiri coba eyelash extention di Jakarta Utara”.

Setelah melalui keraguan yang tak berujung tersebut, Febby akhirnya memutuskan untuk mencoba eyelash extention.

“gue waktu itu dateng ke tempatnya, terus gue tanya ke mbak mbak yang ada didepan, gue kasih tauy mbaknya kalau gue baru pertama kali mau eyelash extention, terus mbaknya ngasih saran untuk konsultasi ke dokter kecantikan yang tersedia di klinik tersebut, yaudah dong gue juga masih ada keraguan dikit waktu itu,  gue iyain saja gue masuk ke ruangan yang ada dokternya. Gue tanya tanya dan akhirnya gue deal sama eyelash extention dan gue memutuskan untuk melakukan eyelas extention saat itu.”

Febby bercerita bagaimana rasa nya pertama kali ada extention yang ada di bulu matanya.

“kayak ada yang aneh begitu kan, bagaimana sih ada barang yang tidak alami berada di bulu mata kita, menempel pada badan kita, kan pasti ada yang aneh gitu loh. Itu yang gue rasain ya, dan waktu itu kan gaboleh kena air selama 1 minggu, itu mikir kalo gaboleh kena air seminggu saja sudah pusing apalagi ngelakuinnya. Eh ternyata waktu dilakuin sudah kayak biasa saja begitu loh. Bener saja , gue ketagihan melakukan eyelash extention”.

Dengan menggunakan eyelash extention, banyak sekali perubahan yang terjadi pada hidup Febby ini. Begitu besar dampaknya sampai Febby melakukan eyelash extention seperti sebuah kewajiban setelah beberupa bulan sekali.

“Bener-bener, setelah gue ngelakuin eyelash extention, semua berubah. Dari perubahan tingkat kepercayaan diri gue bener bener bertambah banget, kemana-mana gausah pakai maskara sudah secetar itu, bahagia banget hidup gue pokoknya.”

Selain itu eyelash extention juga berperan untuk menarik perhatian lawan jenis,

“Gak bohong lagi gue setelah eyelash extention, banyak cowok-cowok yang mulai deketin. Terus juga gue ga kalah cantik juga sama anak-anak yang ada di lingkungan kampus. Semuanya terasa mudah dan gampang untuk dilakukan”.

Setelah menggunakan eyelash extention, ternyata banyak juga yang harus di lakukan untuk menjaga agar eyelash extention tetap terjaga dengan baik.

“setelah menggunakan eyelash extention, banyak hal yang gue lakuin. Kayak harus jaga eyelash extention dari cipratan air, karena takut extentionnya belum kering sempurna. Harus juga tidur terlentang, jangan miring maupun posisi tengkurap karena waktu tidur kan gue gatau gue gerak kayak bagaimana saja kan, bisa ngancem eyelash extention yang ada jadi rontok begitu ga sih. Terus juga kalau mata lagi gatel atau perih begitu, gaboleh di garuk, gaboleh dikucek, karena bisa saja langsung ke angkat semua eyelash extention yang ada, struggle are real tapi untuk hasil yang bagus gue rela untuk ngelakuin semua itu sih”.

Menjadi seseorang yang cantik itu juga harus membutuhkan usaha dan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Tapi pada jaman sekarang pasti juga merogoh kocek yang tidak sedikit.

“ini eyelash extention juga ga bisa tahan lama juga, harus istilahnya di retouch untuk bisa awet gak berubah bentuk atau rontok. Merogoh kocek yang ga sedikit gapapa lahya, orang juga wanita pasti punya banyak kebutuhan dan harus menjaga penampilan, ya maklum namanya wanita kan. Tapi untuk hasil sebagus itu dan efek sebesar itu gue suka banget sih gaada penyesalan sama sekali. Malahan seneng banget dan pengen lagi dan lagi untuk jaga bentuk nya sebagus ini.”

Untuk mereka yang berpikir memakai eyelash extention adalah sesuatu hal yang dirasa fake atau sangat palsu, cara berpikir mereka sangatlah salah. Karena eyelash extention harusnya menjadi natural seperti bulu mata asli. Akan tetapi kebanyakan pengguna eyelash extention pada menggunakannya secara berlebihan sampai-sampai orang melihat mereka seperti rambut yang di tempel di bulu mata. Tapi mereka yang melakukan hal tersebut juga mempunyai hak untuk melakukan tersebut untuk memuaskan hasrat yang dia inginkan, untuk memenuhi apa yang dia inginkan karena memakai eyelash extention ini. Karena semua manusia mempunyai hak untuk melakukan sesuatu hal tapi tetap di ranah yang sekiranya bisa diterima akal sehat dan tidak merugikan orang lain. Untuk orang diluar sana melihat para pengguna eyelas extention seperti tidak mensyukuri apa yang ditakdirkan oleh Tuhan, tapi perilaku atau tindakan ini bukannya tidak menghargai, tapi ingin membuat apa yang di beri oleh Tuhan agar bisa maksimal.

Oleh karena itu, saya mau menyampaikan kepada wanita atau masyarakat diluar sana untuk menjaga penampilan kalian. Daripada mengeluarkan biaya yang sangat tinggi untuk hasil yang tidak seberapa yang untuk beberapa kalangan masyarakat juga ada yang tidak mampu untuk melakukan operasi plastiik, dengan melihat efek yang juga berbahaya, saya menyarankan masih ada banyak sekali cara untuk menunjang penampilan kalian semua untuk berubah menjadi lebih cantik yang salah satunya adalah eyelash extention. Dengan harga segitu, masih lebih terjangkau daripada jika kita melakukan operasi plastik. Operasi plastik recovcerynya juga sangatlah tidak singkat, mereka harus di diamkan selama beberapa bulan untuk mendapatkan hasil yang mereka awalnya mua. Untuk eyelash extention, mereka tidak perlu menunggu lama untuk melihat hasilnya, setelah proses extention pasti mereka sudah bisa melihat hasilnya secara langsung.

Menjadikan eyelash extention juga dapat menunjang penampilan secara instan apalagi untuk orang-orang yang hidup di area metropolitan, bai saya sih wajib. Antara tidak usah memakai maskara dan berdampak kepada waktu untuk merias wajah/make up bisa dipersingkat waktunya. Di kota metropolitan seperti Jakarta juga store nya lebih banyak ada dan gampang untuk mencarinya, terkadang juga ada yang independent atau bergabung di salah satu mall besar yang ada di Jakarta. Untuk tempatnya juga lucu-lucu atau yang anak sekarang bilang instagramable.

Eyelash extention juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Banyak sekali masyarakat yang tidak cocok untuk eyelash extention dimana saja akhirnya mereka belajar untuk melakukan eyelash extention. Dan dari itu mereka bisa menjadikan itu sebagai peluang mencari uang yang bisa dilakukan freelance dan tidak mengganggu aktivitas yang mereka biasa jalani sehari-hari. Dan bisa juga hasil dari jasa mereka, mereka gunakan untuk jajan sehari-hari dan bisa juga untuk menambah uang bulanan mereka yang setiap berkala pasti juga akan bertambah kebutuhannya. Oleh karena itu saya mengamati perilaku masayarakat sekarang ini ingin tetap cantik dengan cara apapun tapi masih di area yang tidak merugikan orang lain.

Untuk orang diluar sana yang sekarang sudah maupun akan melakukan eyelash extention, kalian harus tahu apa saja yang harus dilakukan agar terjaga eyelash extentionnya. Dan harus konsultasi kepada dokter yang bisa menanggapi semua kasus yang Anda tanyakan. Apa yang Anda lakukan adalah hak Anda, cantik adalah hak Anda, menjaganya jadalah kewajiban Anda.

 

Ditulis oleh Dhandi Ravy
Mahasiswa LSPR Jakarta

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...