Benarkah Golongan Darah B Lebih Tahan Terhadap Flu Perut?
ilustrasi

Benarkah Golongan Darah B Lebih Tahan Terhadap Flu Perut?

Kamis, 13 Feb 2020 | 18:39 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Flu perut atau gastroenteritis adalah peradangan pada lapisan usus akibat infeksi virus atau bakteri. Flu perut bisa menular dengan mudah melalui berbagai cara. Akan tetapi, penelitian terbaru dalam jurnal Viruses menunjukkan bahwa ada orang-orang dengan golongan darah tertentu yang lebih kuat menghadapi virus penyebab flu perut.

Golongan darah apa yang kebal dari flu perut?

image0

Kebanyakan kasus flu perut disebabkan oleh infeksi norovirus. Norovirus menyerang sel-sel yang menyusun lapisan dalam usus halus. Serangan ini memicu respons radang serta menimbulkan gejala seperti sakit perut, demam, mual, muntah, dan diare.

Norovirus berkembang dengan sangat cepat. Sejauh ini, terdapat lebih dari 29 strain (subtipe) norovirus yang diketahui bisa menginfeksi manusia. Setiap strain norovirus terbagi lagi menjadi berbagai jenis varian.

Untuk dapat menyebabkan flu perut, norovirus perlu berikatan dengan sel-sel dinding usus. Virus ini harus berikatan dengan oligosakarida, yakni molekul gula yang terdapat pada permukaan sel. Jenis oligosakarida pada sel usus ditentukan dari golongan darah.

Berbekal hal tersebut, sejumlah peneliti dari Linköping University, Swedia, melakukan penelitian untuk membuktikan hubungan antara golongan darah dan penyakit flu perut. Hasilnya, orang bergolongan darah B cenderung kebal terhadap serangan norovirus.

Orang-orang bergolongan darah A, AB, dan O lebih rentan terinfeksi norovirus. Namun, temuan ini hanya berlaku pada strain norovirus yang cukup sering menyebabkan flu perut. Strain lainnya yang lebih langka mungkin masih bisa menyerang mereka yang bergolongan darah B.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...