Benarkah Hobi Mastrubasi Bikin Penis Jadi Gosong?
Ilustrasi: huckmag.com

Benarkah Hobi Mastrubasi Bikin Penis Jadi Gosong?

Sabtu, 21 Des 2019 | 16:42 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Secara medis, mastrubasi deianggap sebagai cara paling sehat untuk dapat menyalurkan hasrat seksual seorang pria dan wanita yang belum punya pasangan. Namun banyak informasi yang beredar di internet bahwa mastrubasi yang kelewat sering dapat memicu produksi sperma. Apakah betul demikian?

Berdasarkan beberapa penelitian, porsi seseorang mastrubasi dengan kondisi atau kualitas sperma tidak memiliki korelasi. Hal ini bisa dikatakan sebagai mitos belaka. Keseringan mastrubasi memang dapat mengurangi volume semen (air mani), namun tidak mempengaruhi kualitas sperma.

Sebaliknya, pria yang jarang melakukan mastrubasi atau ejakulasi justru akan mengalami masalah kesuburan.

Mitos lain yang beredar dalam masyarakat menyebut bahwa orang yang terlalu sering mastrubasi bisa membuat kuit penis jadi gosong. Hal ini kemudian dibantah oleh seksolog dr. Nugroho Setiawan, MS, SoAnd.

“Mastrubasi tidak menebakan kulit penis jadi berubah,” kata Nugroho, dilansir dari Detik Health.

image0
Ilustrasi: Naukri Nama

Warna kulit di bagian penis tidak bisa dikaitkan dengan aktivitas seksual. Bahkan, menurut Nugroho, anggapan bahwa kulit penis yang lebih gelap jika dibandingkan dengan warna kulit di daerah lainnya tidaklah selalu benar.

Namun, para pria harus tahu bahwa keseringan mastrubasi bisa berimbas pada masalah kesehatan fisik. Mereka cenderung bisa melukai penis mereka jika mastrubasi dilakukan terlalu keras atau terlalu sering tanpa menggunakan pelumas. Perlu diingat bahwa mastrubasi merupakan sebuah ekspresi seksual yang tidak membawa risiko IMS (Infeksi Menular Seksual).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...