Benarkah Hobi Menonton Film Bikin Cepat Tua?

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Benarkah Hobi Menonton Film Bikin Cepat Tua? Ilustrasi: Pearson ELT USA

Winnetnews.com - Nonton film bisa dikatakan merupakan aktivitas favorit bagi banyak orang. Hobi ini selain menghabiskan banyak biaya juga bisa menguras emosi, memperluas wawasan, hingga menjadikan sesorang lebih bijak. Meskipun menyenangkan, namun tahukah kamu jika menonton film terlalu sering bisa berakibat buruk bagi kesehatan? Beberapa pakar kesehatan bahkan menyebut jika menonton film bisa membuat seseorang jadi cepat tua.

Fakta ini didasarkan pada sebuah penelitian yang menyasar sekitar 2.000 orang beberapa waktu lalu. Studi ini mengungkap jika terlalu sering menonton film ternyata dapat memicu penuaan dini. Apa penyebabnya?

Dilansir dari Wolipop, hal ini dikarenakan jika ekspresi atau mimik wajah yang kita buat selama menonton film dapat memicu berbagai kerutan wajah. Ketika menonton film, biasanya wajah kita akan membentuk berbagai macam ekspresi seperti mengernyitkan dahi atau memicingkan mata ketika menonton adegan yang membingungkan atau mengejutkan. Hal inilah yang disinyalir dapat memunculkan kerutan dan garis-garis halus di wajah.

Ilustrasi: Freepik

Menurut studi tersebut, penonton setidaknya akan membuat gestur wajah sebanyak 20 kali ketika ketakutan saat menonton film horor. Jika film yang dinonton adalah jenis thriller, maka kita akan membuat gestur wajah sebanyak 50 kali. Sementara film komedi akan menghasilkan sebanyak 115 gestur wajah.

Dokter kulit dr. Harry Singh dari brand Foreo menyebut jika hasil studi tersebut bisa dikatakan benar. Ia mengatakan jika mengernyitkan dahi atau memicingkan mata selama lima tahun dapat mempercepat timbulnya garis halus di wajah sebesar 50%. Sedangkan tertawa akan menimbulkan kerutan di ujung mata dan mulut sebanyak 40%.

Namun penelitian ini tidak perlu dijadikan satu-satunya rujukan. Kamu juga tidak perlu merasa ketakutan hingga harus menghindari menonton film hanya karena takut mengalami penuaan dini. Membuat mimik wajah bagaimanapun merupakan hal yang wajar. Menonton film secara rutin boleh-boleh saja, asalkan tetap menjaga kesehatan kulit.

Apa Reaksi Kamu?