(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Benarkah Ini Waktu yang Tepat Bagi Perusahaan Terbitkan Surat Utang?

Karna H.
Karna H.

Benarkah Ini Waktu yang Tepat Bagi Perusahaan Terbitkan Surat Utang? Ilustrasi surat utang/Foto: Karna WNN

WinNetNews.com – Alternatif instrumen pendanaan kini diusulkan dengan menggunakan surat utang global berdenominasi rupiah atau global IDR bonds. Dengannya, tak perlu ada lagi kekurangan uang untuk pembangunan infrastruktur Indonesia.

Direktur Wholesale Banking Bank Mandiri, Royke Tumilaar mengatakan, Global IDR Bonds diharapkan mampu meningkatkan partisipasi investor global dalam mendukung pembangunan nasional, serta diharapkan dapat memberikan akses serta diversifikasi sumber pendanaan berbasis Rupiah bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang bergerak di berbagai sektor, khususnya sektor infrastruktur.

"IDR Bonds diharapkan bisa memberikan solusi pendanaan terbaik melalui pembiayaan kredit maupun alternatif pembiayaan lainnya sehingga tujuan peningkatan daya saing Nasional dapat tercapai," kata Royke kepada wartawan di Jakarta, Rabu (27/09/2017).

Sekedar informasi, pemerintah membutuhkan dana untuk investasi di sektor infrastruktur sekitar Rp5.500 triliun untuk lima tahun ke depan atau Rp1.100 triliun per tahun.

Sekitar Rp900 triliun per tahun kebutuhan investasi dapat dibiayai oleh pembiayaan dalam negeri sehingga terdapat potensi sebesar Rp200 triliun per tahun kebutuhan investasi dapat dibiayai dari luar negeri.

Menurutnya saat ini merupakan momentum yang baik bagi korporasi untuk dapat memperluas akses pendanaan ke pasar internasional.

"Hal ini didukung oleh predikat investment grade yang diberikan oleh credit rating agency internasional yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara destinasi investasi investor global," ujar Royke.

Sejumlah negara berkembang telah sukses menerbitkan instrumen surat utang global berdenominasi lokal dan mendapatkan sambutan positif dari investor global. Di antaranya adalah Filipina dengan Global Peso, Tiongkok dengan Dim Sum Bonds, dan India dengan masalah Bonds.

Sementara itu, Direktur Utama Mandiri Sekuritas Silvano Rumantir mengatakan , instrumen Global IDR Bonds di harapkan dapat memberikan akses, sumber serta diversifikasi pendanaan berbasis Rupiah bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang bergerak di berbagai sektor, khususnya sektor infrastruktur.

"Dan bagi investor. Instrumen ini memberikan diversifikasi portofolio yang berkualitas," pungkasnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});