Benarkah Ivermectin Bisa Obati COVID-19 dalam 48 Jam?
ilustrasi

Benarkah Ivermectin Bisa Obati COVID-19 dalam 48 Jam?

Selasa, 7 Apr 2020 | 06:22 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Semakin meningkatnya kasus Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 atau coronavirus, mendorong para ahli untuk terus melakukan penelitian mengenai pengobatan penyakit ini. Salah satu obat yang baru-baru ini menunjukkan potensi yang menjanjikan adalah ivermectin, obat antiparasit yang mampu menekan pertumbuhan coronavirus dalam kurun waktu 48 jam. Bagaimana cara kerja obat Ivermectin dalam melawan virus corona penyebab Covid-19?

Ivermectin, obat antiparasit sebagai potensi pengobatan Covid-19

Ivermectin adalah obat antiparasit yang biasa digunakan untuk mengobati infeksi pada tubuh yang disebabkan oleh parasit tertentu. Umumnya, obat ini diberikan sebagai pengobatan infeksi cacing gelang. Namun, obat ini juga efektif mengatasi infeksi cacing lainnya, seperti enterobiasis dan strongyloidiasis atau infeksi karena parasit lainnya, seperti skabies.

Ivermectin sendiri adalah obat yang sudah disetujui oleh Food and Drug Administrations (FDA) di Amerika Serikat. Obat ini juga sudah terdaftar dalam obat esensial yang direkomendasikan oleh WHO. Jadi, keamanan dan efektivitas dari obat ini sudah terjamin.

Salah satu merek dagang dari obat ini adalah Stromectol. Meskipun sudah tersedia di mana saja, obat ini hanya bisa didapat melalui resep dokter.

Selain membunuh parasit, ternyata ivermectin memiliki potensi antiviral yang dapat digunakan untuk infeksi beberapa jenis virus.

Sebuah studi yang terdapat di The Biochemical Journal membuktikan keampuhan ivermectin dalam melawan infeksi HIV-1 dan virus dengue. Selain kedua virus tersebut, obat ini juga telah teruji ampuh membasmi virus influenza dan Zika.

Dari berbagai hasil riset tersebut, efek antiviral dari obat Ivermectin dipertimbangkan juga sebagai opsi pengobatan COVID-19.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...