Benarkah Jamur Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh?
ilustrasi

Benarkah Jamur Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh?

Selasa, 30 Jun 2020 | 09:01 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Banyak orang mencari cara untuk memperkuat daya tahan tubuh, terutama di tengah pandemi COVID-19. Ada beberapa bahan-bahan tradisional jadi pilihan favorit masyarakat Indonesia, seperti jahe, daun kelor, jinten hitam, temulawak, maupun meniran. Salah satu suplemen tradisional yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh adalah jamur Cordyceps.

Bagaimana cara kerja jamur Cordyceps dalam melawan penyakit dan menguatkan imunitas tubuh?

Mengenal senyawa aktif dan sistem kerja jamur Cordyceps dalam melawan infeksi penyakit

image0

Jamur Cordyceps (liar) adalah jamur parasit dari beberapa jenis serangga. Jamur tersebut biasanya memanfaatkan sisa makanan pada tubuh serangga.

Jamur Cordyceps dipakai sebagai obat tradisional di Asia Timur, karena khasiatnya yang bantu meningkatkan sistem imun tubuh. Cordyceps militaris juga digunakan untuk mengobati kanker, kejang tonik, maupun penyakit lainnya.

Ada beberapa senyawa aktif yang menjadi yang terdapat di dalam jamur Cordyceps.

  • Polisakarida
  • Adenosin
  • Cordycepin
  • Asam amino
  • Asam Lemak

Senyawa aktif tersebut bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antioksidan. Dari berbagai penelitian di dalam dan luar negeri, jamur Cordyceps disinyalir dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal virus.

Adenosin dan cordycepin di dalam jamur ini memiliki struktur yang mirip dengan obat virus Galidesivir. Obat ini menjadi terapi 20 jenis virus RNA, seperti filovirus, togavirus, arenavirus, corona virus, dan lainnya pada uji laboratorium. Meskipun, obat tersebut masih memerlukan uji klinis lanjutan untuk mengetahui efeknya pada manusia.

Di samping itu, senyawa adenosin dalam jamur Cordyceps juga memiliki sifat sebagai vasodilator di dalam tubuh. Vasodilator merupakan obat yang mampu melebarkan pembuluh darah, serta mencegah pembuluh vena dan arteri dari penyempitan.

Senyawa aktif tersebut memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas tubuh. Selengkapnya, ketahui manfaat dan cara kerja jamur Cordyceps dalam meningkatkan sistem imun dan menangkal penyakit.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...