Benarkah Kedelai Bisa Obati dan Cegah Kanker Payudara?
ilustrasi

Benarkah Kedelai Bisa Obati dan Cegah Kanker Payudara?

Selasa, 12 Nov 2019 | 06:16 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Pada tahun 2011, kanker payudara bertanggung jawab atas kematian lebih dari 508 ribu wanita di dunia. Namun sekarang ini, dengan penanganan medis yang tepat serta dukungan makanan yang sehat, telah banyak pasien kanker payudara yang berhasil disembuhkan. Salah satu fakta yang baru-baru ini terungkap adalah ternyata kacang kedelai mampu mencegah serta mengobati kanker payudara.

Apa yang menyebabkan kacang kedelai mampu membantu pengobatan kanker payudara?

Kacang kedelai meningkatkan angka harapan hidup pasien kanker payudara

Kacang kedelai adalah sumber protein nabati yang biasanya diolah menjadi susu kedelai, tahu, atau tempe. Tidak sekadar sumber protein yang baik untuk membangun sel tubuh saja, tetapi kacang kedelai bisa digunakan untuk menunjang pengobatan pasien kanker payudara. Hal tersebut telah dibuktikan dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal American Cancer Society, yang menyatakan bahwa kacang kedelai bisa mencegah bahkan meningkatkan angka harapan hidup dari pasien kanker payudara.

Penelitian ini melibatkan sebanyak 6.235 wanita yang didiagnosis mengalami kanker payudara dan diikuti perkembangannya selama 9 tahun. Selama masa penelitian, peserta diminta untuk mengisi kuesioner tentang pola makan mereka sehari-hari dan seberapa banyak makanan olahan kacang kedelai yang dimakannya.

Di akhir penelitian, ditemukan bahwa pasien kanker payudara yang mengonsumsi lebih banyak kacang kedelai dalam makanannya sehari-hari angka harapan hidupnya meningkat hingga 21%.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...