Benarkah Keladi Tikus Bisa Atasi Penyakit Kanker?
ilustrasi

Benarkah Keladi Tikus Bisa Atasi Penyakit Kanker?

Kamis, 27 Feb 2020 | 06:14 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Keladi tikus adalah salah satu tanaman asli dari Indonesia yang memiliki banyak khasiat di bidang kesehatan. Salah satu manfaat keladi tikus yang cukup populer adalah dipercaya sebagai antikanker. Meski begitu, sebagian besar orang menganggap tanaman yang memiliki nama latin Typhonium flagelliforme ini sebagai tanaman hias.

Kandungan Keladi Tikus

Sebuah penelitian mengungkapkan, daun keladi tikus memiliki kandungan alkaloid, triterpenoid, and lignan (polifenol). Selain itu, empat senyawa di keladi tikus telah diidentifikasi sebagai 1-O-beta-glucopyranosyl-2 – [(2-hydroxyloctadecanoyl) amido] -4,8-octadecadiene-1,3-diol (1), coniferin (2), beta-sitosterol (3), dan beta-daucosterol (4).

Bahan-bahan kimia lainnya diidentifikasi sebagai methyl esters dari asam heksadekanoat, asam oktadekanoat, asam 9-oktadekanoat, dan asam 9,12 oktadekadienoat. Selain itu, beberapa senyawa alifatik umum diidentifikasi sebagai dodecane, tridecane, tetradecane, Pentadecane, hexadecane, Heptadecane, octadecane, nonadecane dan Eicosane.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...