Benarkah Konsumsi Susu Full Cream Bisa Cegah Obesitas pada Anak?
ilustrasi

Benarkah Konsumsi Susu Full Cream Bisa Cegah Obesitas pada Anak?

Selasa, 14 Jan 2020 | 08:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kita bisa menemukan banyak sekali jenis susu di pasaran. Salah satu dari jenis susu tersebut adalah susu full cream. Banyak orang yang kurang tertarik dengan susu full cream karena menganggapnya bisa membuat berat badan naik, namun penelitian terbaru justru menunjukkan fakta bahwa susu full cream bisa mencegah anak mengalami obesitas. Kok bisa?

Susu Full Cream Bisa Cegah Obesitas pada Anak

Sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada menghasilkan fakta bahwa anak-anak yang terbiasa mengonsumsi susu full cream cenderung mengalami penurunan risiko terkena obesitas hingga 40 persen. Fakta ini terungkap setelah para peneliti dari St. Michael’s Hospital, Unity Health, Toronto, melakukan peninjauan kembali pada 28 studi yang diadakan di 7 negara sebelumnya. Studi-studi ini melibatkan 20 ribu anak dengan usia 1 hingga 18 tahun demi mengetahui keterkaitan antara kebiasaan minum susu dengan risiko obesitas pada anak-anak.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa 18 dari 28 studi menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin mengonsumsi susu full cream cenderung memiliki risiko 40 persen lebih rendah terkena masalah obesitas dibandingkan dengan anak-anak yang mengonsumsi susu rendah lemak. Hasil dari penelitian ini kemudian dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition.

“Kebanyakan anak-anak yang ada di Kanada dan Amerika Serikat mengonsumsi susu sapi hampir setiap hari. Susu sapi inilah yang menjadi asupan lemak harian paling besar mereka,” ucap pemimpin penelitian, Jonathan Maguire.

Hanya saja, meski menyarankan anak-anak untuk memilih susu full cream, Maguire mengaku jika mereka belum menemukan kaitan sebab-akibat antara konsumsi susu jenis ini dengan menurunnya risiko obesitas pada anak-anak.

“Penelitian kami berjenis observasional. Kami masih belum menemukan penyebab susu rendah lemak bisa menurunkan risiko obesitas bagi anak. Hal ini membuat kami ingin melakukan penelitian lebih lanjut demi menemukan alasannya,” lanjutnya.

Sebagai informasi, susu rendah lemak atau juga yang dikenal sebagai whole milk cenderung memiliki rasa yang lebih gurih dan tekstur yang lebih kental. Susu ini memiliki kandungan lemak jenuh 5 gram dan bisa memenuhi asupan lemak harian sebesar 20 persen. Kandungan kalorinya juga cukup tinggi, yakni 150 kalori untuk setiap porsinya sehingga sering dihindari oleh mereka yang sedang menjalani program diet.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...