Benarkah Labu Siam Bisa Atasi Penyakit Asam Urat?
ilustrasi

Benarkah Labu Siam Bisa Atasi Penyakit Asam Urat?

Senin, 1 Jul 2019 | 19:44 | Rusmanto
Winnetnews.com - Masalah asam urat bisa membuat pengidapnya merasa menderita. Bagaimana tidak, persendian akan terasa sangat nyeri. Bahkan, ada sebagian orang yang sampai kesulitan untuk menggerakkan persendian sehingga tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal. Lantas, apakah tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini?

Mengatasi masalah asam urat dengan labu siam

Pakar kesehatan menyebut labu siam yang sering dijadikan lauk sayuran di masakan sehari-hari ternyata bisa membantu mencegah kekambuhan gejala penyakit asam urat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan berbagai macam mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, asam folat, seng, dan zat besi yang tinggi di dalamnya.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Davao Medical School Foundation, dihasilkan fakta bahwa kelinci percobaan yang diberi makanan labu siam secara rutin akan mengalami penurunan zat asam urat di dalam tubuh hingga 25 persen. Hal ini tentu akan berimbas besar pada menurunnya kemungkinan kekambuhan dari masalah kesehatan ini.

Selain itu, di dalam labu siam juga tinggi kandungan serat yang bisa mendukung sistem metabolisme. Hal ini tentu akan membuat asam urat akan bisa dikendalikan dengan lebih baik.

Kandungan purin di dalam labu siam juga cenderung rendah. Hal ini berarti, mengonsumsinya tidak akan menyebabkan dampak buruk bagi zat asam urat di dalam tubuh.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...