Benarkah Lebih Sehat Naik Kendaraan Umum Dibanding Kendaraan Pribadi ?

Benarkah Lebih Sehat Naik Kendaraan Umum Dibanding Kendaraan Pribadi ?

Wingamers - Jika pergi kemana-mana menggunakan kendaraan pribadi khususnya mobil, kita sudah pasti nyaman. Karena kita tidak akan kepanasan ataupun kehujanan.  Ternyata, manfaat dari kebiasaan menggunakan kendaraan umum dan mengurangi pemakaian kendaraan pribadi ini tidak hanya berdampak pada kemacetan yang berkurang tapi kondisi fisik juga akan lebih kuat.

Terdapat penelitian dari University of British Columbia di Kanada, mereka yang menggunakan kendaraan umum memiliki tubuh lebih bugar dan risiko obesitas pun lebih rendah. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya ‘latihan fisik’ yang dilakukan saat menaiki kendaraan umum, seperti menjaga keseimbangan tanpa berpegangan ketika berdiri dan jumlah langkah kaki ketika berlari mengejar kendaraan umum, seperti yang dilansir laman Women’s Health.

Namun tetap bahaya kesehatan akan ada di kendaraan umum. Untuk itu, perlindungan seperti menggunakan masker dan memcuci tangan setelah naik angkutan umum perlu dilakukan agar virus dari luar tidak mudah masuk dan merusak sistem kekebalan tubuh.