Benarkah Makan Ikan Bisa Turunkan Risiko Asma

Rusmanto
Rusmanto

Benarkah Makan Ikan Bisa Turunkan Risiko Asma ilustrasi
Winnetnews.com -  Sudah menjadi rahasia umum jika rutin makan daging ikan bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Penelitian terbaru bahkan membuktikan bahwa jika anak-anak rutin mengonsumsinya, maka risiko untuk terkena asma di masa depan bisa ditekan.

Makan Daging Ikan Menurunkan Risiko Asma

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Nutrition menghasilkan fakta bahwa anak-anak di usia kurang dari dua tahun yang rutin diberi daging ikan mengalami penurunan risiko terkena asma hingga 28-40 persen. Konsumsi daging ikan ini bisa dilakukan sekali saja seminggu dan sudah bisa memberikan manfaat kesehatan ini.

Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan dua kelompok partisipan berusia anak-anak. Kelompok pertama diminta untuk mengonsumsi daging ikan sekali sepekan. Sementara itu, kelompok berikutnya mengonsumsi daging ikan dengan frekuensi jauh lebih rendah.

Dalam penelitian yang dilakukan para ahli dari Norwegian University of Science and Technoloy, Trondheim, disebutkan bahwa banyak anak yang mengembangkan alergi layaknya asma, demam, hingga eksim. Setidaknya 4 ribu keluarga dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah, konsumsi daging ikan di bawah usia dua tahun bisa memberikan manfaat kesehatan lebih besar dibandingkan dengan jika ibu hamil mengonsumsi lebih banyak daging ikan.

Penelitian lain yang dilakukan di James Cook University yang ada di Australia juga menghasilkan fakta yang serupa, yakni konsumsi daging ikan bisa menurunkan risiko asma. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi di dalamnya. Kandungan ini bisa menurunkan risiko masalah pernapasan ini hingga 62 persen lebih rendah.

Penelitian ini juga menyebut konsumsi ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 layaknya ikan tuna, ikan salmon, dan ikan sarden bisa membuat paru-paru lebih sehat dan risiko terkena peradangan menurun.

Apa Reaksi Kamu?