Benarkah Makan Kol Berlebih Bisa Sebabkan Bau Badan
ilustrasi

Benarkah Makan Kol Berlebih Bisa Sebabkan Bau Badan

Sabtu, 22 Jun 2019 | 19:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Bau badan memang mengganggu kenyamanan Anda dan orang di sekitar. Aroma tubuh ini ternyata bisa dipengaruhi oleh makanan, salah satunya kol. Jadi, apa benar makan kol kebanyakan bisa bikin bau badan semakin parah? Simak penjelasannya berikut ini.

Makan kol kebanyakan bikin bau badan jadi lebih buruk

Bau badan dapat dialami siapa saja, terutama orang dewasa. Ini terjadi karena bakteri memecah keringat  yang dihasilkan kelenjar apokrin.

Proses pemecahan keringat tersebut membuat bakteri menghasil zat yang menimbulkan bau tidak menyenangkan.

Tak hanya bakteri, bau badan juga disebabkan oleh makanan. Bahkan, beberapa jenis makanan tertentu juga bisa membuat bau badan semakin parah, salah satunya kol.

Sayuran yang satu ini memang bisa bikin bau badan, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Dilansir dari laman Men’s Health, Lily Talakoub, M.D., seorang dokter kulit dari McLean Dermatology and Skincare Center, menjelaskan kenapa makan kol bisa menyebabkan bau badan.

“Sebagian besar orang mungkin memiliki bau badan karena mengonsumsi makanan yang mengandung sulfur (belerang), seperti kol, brokoli, dan kembang kol,” tutur Talakoub.

Saat Anda makan kol, sulfur akan dicerna oleh tubuh. Sulfur yang memiliki bau khas seperti belerang atau bau telur busuk ini akan keluar bersama keringat tubuh.

Munculnya bau badan ini bisa terjadi baik Anda konsumsi kol yang dimasak maupun yang mentah. Namun, makanan yang mentah biasanya lebih tinggi kadar sulfurnya.

Hal ini membuat kol mentah jauh lebih berpotensi besar dalam membuat bau badan menjadi lebih parah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...