Benarkah Makan Sebelum Tidur Bisa Memperparah Sakit Maag?
ilustrasi

Benarkah Makan Sebelum Tidur Bisa Memperparah Sakit Maag?

Rabu, 25 Sep 2019 | 07:25 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Salah satu masalah kesehatan yang sering dianggap sepele namun bisa menyebabkan sensasi tidak nyaman pada tubuh adalah maag. Masalahnya adalah terkadang maag bisa kambuh di saat-saat yang tidak tepat seperti di larut malam saat kita seharusnya sedang beristirahat. Hanya saja, apakah benar jika makan terlalu larut bisa menyebabkan dampak ini?

Dampak Makan Terlalu Larut bagi Risiko Maag

Pakar kesehatan menyebut orang yang tidak memiliki riwayat maag biasanya bisa dengan tenang makan di waktu yang larut atau sebelum tidur dan tetap tidak akan mengalami gejala dari masalah kesehatan ini, namun jika penderita maag atau yang juga dikenal dengan nama lain gastroesophageal reflux disease (GERD) melakukannya, bisa jadi akan terkena maag.

Hal ini disebabkan oleh posisi tubuh berbaring yang membuat asam lambung lebih mudah naik hingga ke kerongkongan. Tak hanya sensasi perih dan panas, kita juga bisa mengalami sensasi mual akibat hal ini.

Melihat fakta ini, anggapan bahwa makan di waktu dekat dengan waktu tidur yang bisa memicu masalah maag sebenarnya bisa dianggap benar, namun tidak semua orang akan mengalaminya. Jika kita termasuk dalam orang yang bisa terkena maag akibat hal ini, sebaiknya lebih cermat dalam menjaga waktu makan sehingga tidak akan memicu kenaikan asam lambung.

Tak hanya makan malam, waktu makan lainnya seperti makan siang atau sarapan juga harus diperhatikan. Pakar kesehatan menyarankan penderita masalah maag untuk makan di waktu yang tepat setiap hari demi membantu menurunkan risiko terkena gejala maag. Selain itu, mereka juga harus lebih cermat mengonsumsi kopi yang cenderung bersifat asam.

Beberapa jenis makanan yang tinggi lemak layaknya makanan cepat saji juga sebaiknya mulai dikurangi konsumsinya karena bisa saja merangsang datangnya gejala maag. Minuman bersoda dan minuman beralkohol juga sebaiknya dihindari.

Penderita maag juga sangat disarankan untuk mengendalikan stres karena hal ini juga bisa merangsang peningkatan asam lambung. Selain itu, jika dokter meminta kita untuk mengonsumsi obat maag secara rutin sebelum makan, sebaiknya mematuhinya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...