(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Benarkah Makin Tua Makin Susah Tidur?

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Benarkah Makin Tua Makin Susah Tidur? Foto: Istimewa

WinNetnews.com - Tidur nyenyak bukanlah hal yang mudah. Dengan jadwal yang padat, kurangnya keseimbangan kehidupan kerja, dan kejenuhan saat melihat layar, karena waktu layar yang berlebihan. Tapi ternyata bukan hanya faktor eksternal yang menghalangi waktu tidurmu.

Seperti yang baru-baru ini dikemukakan oleh Majalah New York, perubahan yang tidak dapat dihindari dalam tubuhmu yang datang dengan bertambahnya usia bisa membuat tidurmu secara permanen memburuk.

Artikel tersebut merujuk pada tulisan terbaru Mark Barna di majalah Discover magazine, di mana dia menulis, "Menurut sebuah tinjauan yang baru diterbitkan yang berjudul Sleep and Human Aging oleh para periset di University of California, Berkeley, banyak orang tua memiliki tidur yang tidak sehat karena fisiologis terkait usia. Perubahan ini bisa dimulai sejak usia 30an." katanya.

Apa sebenarnya yang sedang dikerjakan? Barna menjelaskan bahwa dengan penuaan, "bahan kimia dalam saraf yang mengubah kita dari tidur sampai terjaga. Hal ini menyebabkan grogginess di siang hari dan kewaspadaan yang menyebalkan di malam hari." katanya.

Mungkin bagian yang paling menyedihkan tentang temuan ini adalah bahwa hanya sedikit yang bisa dilakukan mengenai hal itu. Namun, Barna menyarankan beberapa strategi untuk memperbaiki peluang tidur yang nyenyak. Saat dia mengatakan kepada Science of Us, yang terpenting adalah tidak tidur terlalu pagi. Jika saat kamu tidur, kamu tidak bisa tertidur, kamu harus membaca atau melakukan aktivitas tenang (non-digital) lain sampai kamu akhirnya terbuai untuk tidur.

Ini juga membantu terbangun pada waktu yang sama setiap hari, terlepas dari jadwalmu yang berubah, dan mendapatkan sinar matahari 30 menit tepat setelah kamu bangun untuk mengatur jam sirkadianmu.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});