Benarkah Mendengkur Bisa Membuat Cepat Tua?
ilustrasi

Benarkah Mendengkur Bisa Membuat Cepat Tua?

Kamis, 1 Agt 2019 | 07:24 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Mendengkur alias ngorok adalah gangguan tidur yang membuat seseorang mengeluarkan suara kasar saat tidur. Biasanya, dengkuran muncul saat Anda menghirup udara melalui hidung, mulut, atau kombinasi keduanya. Mendengkur disebabkan karena menyempitnya saluran pernapasan, sehingga udara yang mengalir membuat jaringan di belakang tenggorokan bergetar. Menurut penelitian medis, kebiasaan ngorok dapat menyebabkan kita jadi cepat tua. Kok bisa?

Bagaimana ngorok menyebabkan kita cepat tua

Dikutip dari Medical Daily, penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep menyebutkan bahwa mendengkur akibat obstruktif sleep apnea dapat mempercepat proses penuaan.

Studi ini menunjukkan bahwa kebiasaan mendengkur tiap malam membuat usia biologis seseorang jadi 215 hari lebih tua dari usia yang tertera di KTP. Gangguan tidur juga dikaitkan dengan kemunculan gejala penuaan dini hingga 321 hari lebih cepat.

Penelitian dilakukan terhadap 622 pria dan wanita dengan usia rata-rata 69 tahun dari berbagai latar belakang ras dan sosial ekonomi yang memiliki kebiasaan ngorok saat tidur. Tim peneliti memeriksa metilasi DNA darah dan pola tidur mereka.

Metilasi DNA adalah modifikasi genetik yang mengatur bagaimana gen pada sel-sel tubuh dihidupkan atau dimatikan. Prosesnya dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Pola tidur diukur dengan teknik polysomnography untuk memeriksa pola pernapasan, kadar oksigen dalam darah, detak jantung, gelombang otak, dan gerakan anggota tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin parah suara ngorok Anda menyebabkan usia biologis makin cepat bertambah tua akibat kerusakan pada sel-sel tubuh.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...