Benarkah Micin Bisa Bikin Bodoh?

Rusmanto
Rusmanto

Benarkah Micin Bisa Bikin Bodoh? ilustrasi
Winnetnews.com - Nama ‘mecin’ pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda, bukan? Penyedap rasa yang sejatinya bernama monosodium glutamat (MSG) ini memang membuat masakan terasa lezat, namun kerap dihindari karena dianggap menyebabkan otak menjadi ‘bodoh’.

Benarkah MSG berbahaya? Apa saja mitos MSG yang selama ini beredar di masyarakat? Seberapa banyak konsumsi MSG yang tergolong aman?

Apa Itu MSG?

Monosodium glutamat atau MSG adalah bumbu masakan yang berfungsi untuk memberikan rasa sedap pada makanan.

MSG terbuat dari kombinasi antara sodium dan glutamat. Sodium adalah molekul garam yang berfungsi sebagai ‘stabilisator’ dari glutamat, sedangkan glutamat adalah asam amino alami yang bertugas memberikan rasa gurih (umami) pada makanan.  Glutamat banyak ditemukan pada bahan makanan seperti susu, daging, tomat, dan jamur.

MSG adalah molekul yang bisa dihasilkan secara alami, bahkan tubuh pun memproduksi glutamat guna menunjang fungsi-fungsi tertentu (ASI mengandung glutamat 10 kali lebih banyak dari susu sapi). Saat ini, MSG cenderung diproduksi melalui mekanisme kimia yakni fermentasi karbohidrat dengan metode yang sama seperti pada yogurt dan wine.

Apa Reaksi Kamu?