Benarkah Minyak Cengkih Bisa Atasi Mual dan Stres di Saat Hamil?
ilustrasi

Benarkah Minyak Cengkih Bisa Atasi Mual dan Stres di Saat Hamil?

Minggu, 18 Okt 2020 | 11:25 | Rusmanto
Winnetnews.com - Mual jadi masalah yang sering dialami ibu hamil di trimester pertama. Tak jarang rasa tak nyaman tersebut sampai bikin Anda stres.

Ketika Anda bolak-balik ke wastafel, ada kerabat yang menawarkan minyak cengkeh untuk membantu biar tidak mual lagi.

Awalnya Anda agak bingung, karena biasanya minyak cengkeh atau cengkih hanya dijadikan sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi. Mau coba hirup, tapi masih segan.

Bagaimana sebenarnya efektivitas minyak cengkeh dalam mengatasi mual dan stres pada ibu hamil menurut pandangan medis?

Minyak Cengkih Bisa Atasi Mual dan Stres, Ini Kata Ahli

image0

Menurut dr. Atika, hingga saat ini belum ada studi ilmiah yang membahas lebih lanjut soal efektivitas minyak cengkeh untuk mengatasi mual pada ibu hamil.

“Apabila ada orang yang mungkin memperoleh efek tersebut (mual hilang setelah menghirup), bisa jadi itu adalah kombinasi antara sugesti dan preferensi,” jelas dr. Atika.

“Bagi yang mau coba menghirup minyak cengkeh karena memang suka dengan aromanya, boleh-boleh saja. Asal diyakini bahwa minyak yang dipakai itu benar-benar berbahan alami dan sehat,” sambungnya.

Soal minyak esensial dan hubungannya untuk mengatasi mual serta stres saat hamil, preferensi atau selera berperan besar di sini. Hal itu pun disetujui oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog.

“Di dalam psikologi, minyak esensial bisa menjadi tambahan treatment. Namun, itu juga mesti disesuaikan lagi,” ucap Ikhsan.

“Ibu hamil biasanya sedang sensitif indera penciumannya. Jadi, harus pilih yang paling sesuai. Buat yang memang suka dengan aromanya, itu bisa membantu menurunkan gejala-gejala yang tak mengenakkan, termasuk stres,” terang Ikhsan.

Dengan kata lain, apabila ibu hamil tidak begitu suka dengan aroma minyak cengkeh tetapi memaksakan diri untuk menghirupnya, itu malah bikin kondisinya makin tak enak.

Di sisi lain, mengonsumsi makanan dan minuman tradisional yang mengandung minyak cengkeh juga sebaiknya tidak dijadikan pilihan.

“Minyak cengkeh disinyalir bisa memicu kontraksi pada ibu hamil. Jadi ada baiknya minyak tersebut dihindari untuk meminimalkan segala risiko yang tak diinginkan,” ungkap dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...