Benarkah Nasi Merah Hanya untuk Orang Diet? Begini Penjelasan Dokter
Ilustrasi: IndoIndians.com

Benarkah Nasi Merah Hanya untuk Orang Diet? Begini Penjelasan Dokter

Sabtu, 7 Des 2019 | 19:20 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Banyak orang berasumsi bahwa nasi merah dikhususkan bagi orang yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan. Banyaknya serat dalam nasi dipercaya dapat berguna untuk menahan perut agar merasa kenyang lebih lama.

Menurut Prof. Dr. dr. Mardi Santoso, DTM&H, SpPD-KEMD, FINASIM, FACE, Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADA) Wilayah akarta, Bogor, Bekasi, dan Depok, orang yang memiliki berat badan berlebih akan cenderung sulit naik berat badan ketika diberikan asupan nasi merah. Banyaknya serat dalam beras merah bisa menghambat proses penyerapan glukosa.

“Yang kedua memang nasi merah memiliki indeks glukosa yang rendah,” kata Prof. Mardi, dikutip dari Detik Health.

Selain cocok untuk diet, kadar glukosa yang rendah juga membuat nasi merah baik dikonsumsi oleh penyandang diabetes. Nasi merah dapat membantu menghambat konsumsi gula yang berlebihan bagi para penderita diabetes ini.

Tidak sampai di situ. Bukan hanya diperuntukkan bagi pengindap diabetes dan orang yang menjalankan program diet, nasi merah juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh semua orang. Namun hal ini tentu tergantung pada selera masing-masing orang.

“Siapa saja boleh konsumsi. Masalahnya adalah apakah mereka doyan atau tidak,” pungkas Prof. Mardi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...