Benarkah Ngiler Disebabkan Tubuh yang Kelelahan?
ilustrasi

Benarkah Ngiler Disebabkan Tubuh yang Kelelahan?

Senin, 3 Feb 2020 | 06:20 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Salah satu masalah tidur yang cukup menjengkelkan adalah ngiler. Tak hanya membuat bantal atau sprei basah, terkadang hal ini akan membuat kita terbangun karena merasakan sensasi tidak nyaman pada pipi. Selain itu, aroma dari air liur yang kita keluarkan juga tidak sedap. Banyak orang yang kemudian mengaitkan hal ini dengan tubuh yang kelelahan. Apakah anggapan ini memang benar?

Ngiler Disebabkan oleh Tubuh yang Kelelahan?

Sebenarnya, ngiler termasuk dalam hal yang wajar terjadi saat kita sedang tidur. Hal ini disebabkan oleh secara alami mulut terus memproduksi air liur demi menjaga kelembapannya sekaligus mencegah perkembangan bakteri dengan berlebihan. Hanya saja, terkadang kita tidur dengan mulut yang terbuka. Jika dikombinasikan dengan posisi tidur yang miring atau tengkurap, maka air liur akan keluar dari mulut.

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan ngiler tak harus menunggu kita tidur dengan kondisi kelelahan. Dalam kondisi yang normal sekalipun, hal ini bisa terjadi. Hanya saja, mereka yang sering kelelahan, stres, mengalami depresi, atau kurang tidur ternyata memang lebih sering mengalaminya. Hal ini berarti, asalkan kita tidak sedang mengalami hal-hal tersebut namun masih tetap ngiler, sebaiknya tidak begitu mengkhawatirkannya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...