Benarkah Orang Berkacamata Lebih Pintar?
ilustrasi

Benarkah Orang Berkacamata Lebih Pintar?

Selasa, 27 Agt 2019 | 06:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Bagi kebanyakan orang, mereka yang berkacamata dianggap terlihat lebih pintar dibandingkan mereka yang tidak. Namun, apakah anggapan ini benar? Simak penjelasan ilmiahnya berikut ini.

Alasan dibalik orang berkacamata terlihat lebih pintar

image0

Pada tahun 2018, terdapat sebuah penelitian yang hendak mengidentifikasi mengapa kecerdasan dapat muncul pada gen tertentu. Penelitian tersebut melibatkan sekitar 300.000 peserta yang diharuskan menjawab soal agar para peneliti dapat menentukan tingkat kecerdasan mereka. 

Para peserta yang mengikuti penelitian tersebut memiliki keturunan nenek moyang yang berasal dari negara-negara di Eropa dengan rentang usia 16-102 tahun. Pada kelompok ini terlihat bahwa mereka memiliki tingkat kecerdasan 28% lebih tinggi, dan membutuhkan kacamata atau lensa kontak. Selain itu, lebih dari 32% peserta menderita rabun jauh (miopi).

Akan tetapi, penelitian ini masih sangat terbatas karena semua pesertanya berasal dari negara di Eropa. Akibatnya, sulit memperkirakan kecerdasan manusia yang berasal dari benua lain selain Eropa, seperti di Indonesia atau negara-negara di Asia Tenggara lainnya.

Hal tersebut dikarenakan terdapat perbedaan antara orang Eropa dan Asia, mulai dari latar belakang budaya, wilayah geografis, dan iklim juga ikut berpengaruh. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dengan pasti mengapa orang berkacamata terlihat lebih pintar.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...