Benarkah Orang Cerdas Suka Menyendiri?
ilustrasi

Benarkah Orang Cerdas Suka Menyendiri?

Jumat, 3 Apr 2020 | 07:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Pernahkah Anda melihat di adegan film ketika orang yang memiliki kepintaran tinggi digambarkan penyendiri dan tidak memiliki banyak teman? Sebenarnya, di dunia nyata pun faktanya memang benar seperti itu. Kebanyakan orang cerdas ternyata lebih suka menyendiri ketimbang berada di keramaian. Mengapa tingkat kecerdasan berhubungan dengan sifat penyendiri? 

Alasan orang cerdas lebih suka menyendiri

image0

Gambaran orang cerdas yang terlihat lebih suka menyendiri di film-film ternyata terjadi bukan tanpa alasan. Pernyataan tersebut ternyata dibuktikan melalui penelitian di British Journal of Psychology

Di dalam studi tersebut, para ahli mencoba menjelaskan mengapa orang cerdas memiliki kepuasan hidup yang lebih rendah saat harus bersosialisasi lebih sering dengan temannya. 

Para ahli mencoba menerangkan alasan tersebut dengan teori psikologi evolusioner. Psikologi evolusioner merupakan cabang baru dalam psikologi yang mempelajari hubungan faktor genetik dengan perilaku manusia. 

Dengan teori tersebut terlihat bahwa anggota kelompok yang pintar lebih efektif menyelesaikan masalah tanpa perlu bantuan dari teman-temannya. 

Dari penelitian tersebut juga terbentuk gambaran bahwa orang yang kepintarannya biasa saja lebih senang bergaul dengan orang lain karena membantu mereka memecahkan masalah.

Sedangkan, orang yang lebih cerdas suka menyendiri karena merasa lebih mampu menyelesaikan tantangan yang diberikan. Bagaimana kondisi ini bisa terjadi?

Kesimpulan dari penelitian ini didapat setelah menganalisis survei dari 15.197 peserta yang berusia antara 18-28 tahun. Survei ini bertujuan untuk mengukur kepuasan hidup, kecerdasan, kesehatan mereka. 

Salah satu temuan yang cukup penting dalam penelitian ini adalah kebanyakan orang yang tingkat kecerdasannya di atas rata-rata cenderung tidak bahagia di keramaian.

Akan tetapi, ketika mereka dikelilingi oleh teman atau orang yang disayangi tingkat kebahagiannya meningkat. 

Maka itu, mungkin bagi kebanyakan orang bersosialisasi dengan orang lain dapat meningkatkan rasa bahagia. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi beberapa orang cerdas yang lebih suka menyendiri. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...