Benarkah Orang Pendek Rentan Terkena Penyakit Jantung?

Amalia Purnama Sari

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Benarkah Orang Pendek Rentan Terkena Penyakit Jantung?
Ilustrasi: POP Hitz

Winnetnews.com - Tinggi tubuh mungkin hanya akan memberikan pengaruh terhadap penampilan seseorang. Namun tahukah kamu jika tinggi badan seseorang ternyata dapat menentukan tingkat kesehatan? Sebuah penelitian mengungkapkan jika orang bertubuh pendek lebih rentan terkena serangan jantung.

Penelitian ini diterbitkan dalam New England Journal of Medicine dan mengemukakan bahwa orang-orang dengan tinggi pendek lebih rentan mengalami penyakit jantung seperti serangan jantung dan jantung koroner. Hal ini karena orang pendek secara genetik memiliki kondisi tubuh yang cenderung lemah.

Penelitian ini dilkaukan oleh University of Leicester dan dipimpin oleh Professor Sir Nilesh Samani. Dalam riset tersebut, disebutkan bahwa ada peningkatkan sebesar 13,5% untuk setiap perbedaan tinggi tubuh sebanyak 2,5 inci. Orang dengan tinggi 5 kaki (152,4cm) punya resiko 32% lebih tinggi terkena masalah jantung dibandingkan mereka dengan tinggi tubuh 5 kaki 6 inci (sekitar 170cm).

Namun perlu diingat bahwa gen bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan penyakit ini. Ada faktor lain seperti pola makan dan gaya hidup yang berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...