Benarkah Pembangunan Di Mekah Tidak Sesuai Standar?

Benarkah Pembangunan Di Mekah Tidak Sesuai Standar?

WinNetNews.com - Benarkah pembangunan di Mekah tidak sesuai standar? Mekah menampung dua juta jemaah haji setiap tahunnya. Pembangunan baru tidak bisa dihindarkan lagi. Tragedi jatuhnya crane di Masjidil Haram seperti membuka pertanyaan apakah semua pembangunan konstruksi itu aman?

Bukan hanya Masjidil Haram yang diperluas, seisi kota Mekah sedang dibangun habis-habisan. Tragedi jatuhnya crane bukan satu-satunya yang ada di Mekah. Banyak tragedi konstruksi lain di bagian lain kota Mekah yang juga terjadi namun tidak diberitakan luas.

Dr Irfan al-Alawi, direktur eksekutif Islamic Heritage Research Foundation mengatakan bahwa dia tidak terkejus sebab sebelumnya sudah banyak tragedi seperti ini terjadi. Sebelumnya beberapa lantai di menara jam sempat terbakar dan pemadam kebakaran sulit memadamkan api di Abraj Al-Bait Tower.

Seperti dilansir The Guardian, udara di mekah memang panas sekali dan banyak pembangunan gedung baru dilakukan tanpa memperhatikan standar keamanan. Dalam video ini bisa dilihat sebuah gedung dihancurkan tanpa lalu lintas di sekitarnya dihentikan. Sejauh ini pembangunan di Mekah sudah menelan biaya US$ 110 miliar termasuk program sosial dan subsidi.