Benarkah Penyakit Autoimun Semakin Banyak Terjadi di Indonesia?
ilustrasi

Benarkah Penyakit Autoimun Semakin Banyak Terjadi di Indonesia?

Rabu, 13 Jan 2021 | 08:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Beberapa waktu ini semakin banyak orang Indonesia mengalami gangguan autoimun. Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang sel-sel di dalam tubuhnya sendiri. 

Benarkah penyakit autoimun tidak dapat sembuh? Lalu bagaimana menangani penyakit ini?

Mengenal penyakit autoimun

image0

Seseorang dikatakan mengalami gangguan autoimun jika sistem kekebalan tubuhnya, yang seharusnya berfungsi menyerang dan mengeliminasi kuman yang masuk ke dalam tubuh, justru menyerang sel-sel tubuhnya sendiri. Serangan terhadap sel-sel tubuh sendiri ini akhirnya menimbulkan gejala sistemik pada berbagai macam organ.

Selain karena faktor genetik, gangguan imun bisa juga disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Tak heran jika dulu penyakit ini banyak terjadi di negara non-tropis alias subtropis. 

Negara-negara subtropis memiliki musim dingin sehingga seringkali matahari tak cukup menyinari area tersebut dan menyebabkan penduduknya mengalami winter depression. Bagi mereka dengan sistem kekebalan tubuh kurang baik, depresi jenis ini dapat membuat keadaan imunnya semakin menurun. Agar terhindar dari penyakit autoimun, mereka dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin D demi mengganti cahaya matahari yang kurang terserap oleh tubuh. 

Kondisi tersebut berbeda dengan negara tropis, di mana sinar matahari bersinar hampir sepanjang musim. Seharusnya dengan asupan makan saja, vitamin D pada orang yang hidup di negara tropis dapat mencukupi kebutuhan tubuhnya. 

Tapi seiring berkembangnya gaya hidup, penyakit yang menyerang kekebalan tubuh ini banyak terjadi pada masyarakat di negara-negara tropis termasuk Indonesia.

Kondisi seperti semakin buruknya kualitas udara, pencemaran lingkungan, tingginya tingkat stres, pola makan yang buruk, dan kurang melakukan aktivitas fisik menjadi faktor yang meningkatkan risiko penyakit ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...