Benarkah Putin Terkena Kanker Tiroid?

Rusmanto

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 2 Menit

Benarkah Putin Terkena Kanker Tiroid?
detikcom
Winnetnews.com -  Seiring berlangsungnya serangan Rusia ke Ukraina, Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan akan menjalani operasi pengangkatan kanker imbas penyakit kanker tiroid.

Dikutip dari New York Post, muncul juga kabar dari outlet investigasi Rusia The Project bahwa Putin sudah diperiksa oleh dokter kanker sebanyak 35 kali dalam beberapa tahun terakhir. Dirumorkan, Putin menjalani terapi yang tidak konvensional seperti mandi dengan darah yang diambil dari tanduk rusa. Orang di wilayah Altai Rusia percaya, mandi tersebut dapat meningkatkan sistem kardiovaskular dan meremajakan kulit.

Di samping itu, ahli onkologi, yang diidentifikasi sebagai Evgeny Selivanov, dilaporkan telah melakukan lusinan kunjungan rahasia ke rumah Putin di Sochi hanya dalam empat tahun. Juga dikabarkan, Putin diam-diam menjalani operasi musim gugur lalu.

Dikutip dari The Moscow Times, beredar rumor sekelompok besar dokter termasuk ahli bedah kanker tiroid telah menemani Putin dalam perjalanannya ke kediaman di kota resor Sochi sejak 2016 hingga 2019. Mengacu pada tanggal kunjungan tersebut, investigasi oleh Rusia Proekt menyebut, sempat hilangnya Putin dari publik disebabkan oleh perawatan medis yang dijalaninya.

"Selama 23 tahun pemerintahan Putin, negara itu tidak tahu kebenaran tentang kondisi fisik dan emosional orang yang memerintahnya," kata pemimpin redaksi Proekt Roman Badanin dalam sebuah video.

"Kami dapat menegaskan bahwa dengan masa jabatan presiden saat ini, pemimpin Rusia tidak dalam kondisi kesehatan yang baik," sambungnya.

Menurut penyelidikan Proekt, terdapat kemungkinan sekelompok dokter, perawat, dan eksekutif rumah sakit presidensial telah melakukan operasi pada Putin pada November 2016.

Tidak Ada Konfirmasi

Namun hingga kini, tak ada konfirmasi bahwa Putin benar-benar mengidap kanker tiroid. Laporan Proekt tidak secara langsung menyatakan bahwa Putin didiagnosis menderita kanker atau penyakit lainnya. Ditambah, juru bicara Putin, Dmitry Peskov, membantah dugaan bahwa Putin telah melakukan operasi untuk kanker tiroid.

"Fiksi dan tidak benar," kata Peskov.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ramai Lagi Kabar Putin Kena Kanker Tiroid, Jalani Operasi di Tengah Perang"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...