Benarkah Susu Murni Lebih Ampuh Cegah Obesitas pada Anak?
ilustrasi

Benarkah Susu Murni Lebih Ampuh Cegah Obesitas pada Anak?

Senin, 6 Apr 2020 | 18:57 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Susu rendah lemak selama ini dianggap sebagai jenis susu terbaik bagi anak karena bisa memberikan manfaat sebesar susu murni dengan kandungan lemak yang lebih sedikit. Akan tetapi, penelitian terbaru justru menemukan bahwa susu murni atau whole milk berpotensi mencegah obesitas pada anak usia 2 tahun ke atas yang rutin mengonsumsinya.

Alih-alih menyebabkan kegemukan, lemak yang terkandung pada susu murni malah memberikan sejumlah manfaat bagi anak usia 2 tahun ke atas dalam masa tumbuh-kembangnya. Mengapa bisa demikian? Berikut ulasan selengkapnya.

Perbedaan nutrisi susu murni dan susu rendah lemak

image0

Berdasarkan kandungan lemaknya, susu dibedakan menjadi susu murni (whole milk), susu rendah lemak (low-fat milk), dan susu skim. Di antara ketiganya, susu murni memiliki kandungan lemak tertinggi, yakni sebanyak 3,25 persen dari total bobot susu.

Susu rendah lemak mengandung 1 persen lemak, sementara susu skim mengandung kurang dari 0,5 persen lemak. Oleh karena kandungan lemak yang rendah inilah, susu rendah lemak dinilai lebih ampuh mencegah obesitas dibandingkan susu murni.

Jika dilihat dari segi nutrisi yang lain, susu murni sekilas memang terkesan kalah unggul dibandingkan susu rendah lemak dan susu skim. Susu murni lebih tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat. Kandungan proteinnya pun agak lebih rendah dibandingkan keduanya.

Walau demikian, tidak seluruh kandungan lemak pada susu murni berasal dari lemak jahat. Susu murni mengandung 183 miligram lemak baik berupa asam lemak omega-3, jauh lebih banyak dibandingkan susu rendah lemak yang hanya sebanyak 9,8 miligram.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...