Benarkah Thermo Gun Berbahaya untuk Otak? Ini Penjelasan Pakar
Foto: detikcom

Benarkah Thermo Gun Berbahaya untuk Otak? Ini Penjelasan Pakar

Selasa, 28 Jul 2020 | 19:00 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Belakangan viral pernyataan yang menyebut alat pengukur suhu atau thermo gun dianggap berbahaya. Departemen Fisika Kedokteran Universitas Indonesia dari FKUI membantah isu tersebut  dan menegaskan thermo gun tidak berbahaya bagi otak. Namun pancaran laser yang ada pada alat thermo gun dapat berbahaya bagi mata manusia.

Thermo gun sendiri terdiri dari beberapa jenis, antara lain thermo gun untuk industri dan ada thermo gun untuk manusia (medis). Pancaran sinar laser ditemui pada thermo gun industri, bukan thermo gun medis.

"Alat thermo gun dengan laser hanya ditemui untuk keperluan pengukuran temperatur di industri, bukan untuk medis," kata kata Ketua Departemen Fisika Kedokteran/Klaster Medical Technology IMERI FKUI Prasandhya Astagiri Yusuf kepada detikcom, Selasa (21/7).

Laser digunakan untuk memperkirakan jarak-bidang yang hendak diukur. Soalnya, bidang yang diukur bakal akurat bila perbandingan yang digunakan adalah 12:1, yakni bila titik yang diukur 1 cm maka jarak pengukuran ideal adalah 12 cm.

"Beberapa thermo gun industri mungkin saja dilengkapi dengan laser energi rendah, tetapi fungsinya sebagai penunjuk (pointer) untuk ketepatan arah, sehingga tidak ada kaitan langsung dengan fungsi pengukuran temperatur," kata Prasandhya.

Jadi jelas, laser ini digunakan bukan untuk mengukur suhu secara langsung, melainkan sekadar untuk memperkirakan jarak pengukuran. Laser ini tentu saja bisa bahaya bila kena mata, maka tidak digunakan dalam thermo gun medis.

"Apakah laser tersebut berbahaya untuk otak manusia? Sama halnya dengan laser pointer, laser ini tidak ada efek berbahaya untuk otak, tapi jangan sampai menembak ke mata secara langsung karena dapat merusak retina. Yang jelas, penggunaan thermo gun industri untuk mendeteksi temperatur tubuh manusia tidak tepat karena bukan peruntukannya," kata dia.

Laser merupakan akronim dari 'light amplification by stimulated emission of radiation' atau 'amplifikasi cahaya melalui pancaran terstimulasi'. Beberapa contoh aplikasinya adalah laser pointer untuk presentasi, pembaca/penulis CD/DVD, hingga pemotong jaringan pada prosedur pembedahan. Energinya disesuaikan dengan fungsi, semakin besar akan semakin destruktif. Tentu saja laser untuk thermo gun tidak diperuntukkan sebagai laser destruktif.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...