Benarkah Tidak Punya Uang Buat Seseorang Cepat Tua?
Ilustrasi: Carolina Journal

Benarkah Tidak Punya Uang Buat Seseorang Cepat Tua?

Minggu, 20 Okt 2019 | 14:59 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Siapa yang tidak khawatir jika kondisi ekonomi atau finanasial sedang tidak stabil? Setiap orang mencari pekerjaan agar bisa mendapatkan cukup uang untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun ada kalanya kondisi ‘duit seret’ menimbulkan cemas yang berkepanjangan.

Meskipun dinilai wajar, namun tidak banyak yang sadar jika cemas berkepanjangan akan berujung pada stres yang bia menimbulkan penuaan dini. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Eurpoean Journal of Aging menyenutkan jika kondisi orang tidak punya uang akan memiliki efek samping yang serius, yaitu penuaan dini secara fisik dan mental.

Penelitian ini menjelaskan jika individu menghabiskan setidaknya empat tahun mengalami kesulitan ekonomi, maka mereka akan cenderung menunjukkan tanda-tanda penuaan dini lebih cepat jika dibandingkan rekan-rekannya dengan kondisi ekonomi/finansial yang stabil.

Tanda-tanda penuaan yang dimaksud di sini adalah menurunnya fungsi kognitif seperti mudah lupa dan tidak dapat berpikir cepat. Selain itu, tubuh juga akan mengalami peningkatan inflamasi di dalam tubuh, sehingga tubuh akan mudah merasakan sakit. Sedangkan stres sendiri akan mengarah pada munculnya depresi dan menurunkan semangat dan motivasi hidup.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...