Benarkah Warna Kemasan Pengaruhi Rasa Makanan dan Minuman?

Muchdi
Senin, 31 Agustus 2015 11:42 WIB
Oleh Muchdi pada Senin, 31 Agustus 2015 11:42 WIB
Image Benarkah Warna Kemasan Pengaruhi Rasa Makanan dan Minuman?

Jakarta Tahukah Anda bahwa warna kemasan memengaruhi rasa makanan dan minuman?

Para peneliti menunjukkan bahwa cara penyajian makanan dan minuman memengaruhi persepsi orang tentang rasa makanan atau minuman tersebut.

Betina Piqueras-Fiszman dan Charles Spence dari Polytechnic University of Valencia, Spanyol dan University of Oxford, Inggris memilih 57 sukarelawan dan mengundang mereka untuk mencicipi hot chocolate yang disajikan dalam gelas plastik berbagai warna, seperti merah, oranye, putih dan krem dengan bagian putih di dalamnya.

Hot chocolate yang disajikan dalam gelas-gelas plastik tersebut sama. Tapi para sukarelawan berpendapat hot chocolate yang disajikan dalam gelas berwarna oranye atau krem terasa lebih enak. Hal ini membuat para peneliti menduga warna wadah penyajian makanan atau minuman berpengaruh pada persepsi orang tentang rasa dan aromanya.

Penelitian terdahulu mengungkap, wadah berwarna kuning memicu persepsi adanya rasa lemon dalam minuman ringan. Sementara minuman yang disajikan dalam warna yang bernuansa dingin seperti biru lebih bisa mengurangi dahaga ketimbang disajikan dalam warna merah. Sedangkan minuman yang dimasukkan dalam wadah berwarna pink dianggap mengandung lebih banyak gula atau terasa manis.

Para peneliti berharap temuan ini bisa memberi manfaat bagi industri makanan dan minuman, dilansir dari laman Medindia, Senin (31/8/2015).

Yuk Coba Es Krim Berbahan Sayuran Ini !
Yusril dan KSPI Akan Gugat Perpres Terkait Tenaga Asing

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.