(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bencana ini Akan Kamu Alami Kalau Sering Minum Air Es

Rani
Rani

Bencana ini Akan Kamu Alami Kalau Sering Minum Air Es

winnetnews.com - Minum air es di siang yang terik memang menjadi salah satu cara paling ampuh untuk melepas dahaga dan menyejukkan tenggorokan. Selain itu, sebagian orang juga gemar meminum air es saat sedang mengonsumsi makanan yang pedas. Meskipun terasa menyegarkan, terlalu sering minum air es bukanlah kebiasaan yang baik karena dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yang membahayakan tubuh. Untuk itu, ayo kurangi kebiasaan buruk ini agar tubuh tidak terjangkit berbagai masalah kesehatan berikut.

Gangguan Pencernaan

Makan bakso sambil minum es teh manis memang terdengar menggiurkan. Setelah menikmati gurih dan pedasnya bakso, lalu kita merasakan segarnya es teh manis. Sayangnya, kebiasaan seperti ini ternyata bisa menyebabkan usus menjadi sempit. Hal ini terjadi karena suhu dingin pada air es menyebabkan pembekuan partikel lemak dan minyak pada makanan yang kala itu kita konsumi. Jika hal ini terus menerus dilakukan, penyempitan usus pun akan terjadi akibat lemak di saluran usus semakin menumpuk dan membeku. Kalau sudah begitu, proses pencernaan pun akhirnya akan terganggu karena masalah penyumbatan tersebut.

Perut Buncit

Jika kamu termasuk sebagai wanita yang menjaga bentuk tubuh, sebaiknya biasakan diri untuk mengurangi konsumsi air es, terutama air es yang dicampur dengan sirup atau pemanis buatan lainnya. Kandungan gula yang bercampur dengan air es hanya akan menyebabkan timbunan lemak di perut menjadi bertambah. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi jenis minuman ini agar perut tetap langsing dan kondisi tubuh pun senantiasa terjaga.

Sakit Kepala Mendadak

Sering mengalami sakit kepala mendadak? Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena kamu terlalu sering mengonsumsi air es. Rasa sakit kepala secara mendadak disebabkan adanya perubahan suhu pada aliran darah di otak yang terjadi secara mendadak. Hal ini dikarenakan saraf pusat belum siap menerima respon perubahan suhu tubuh dari panas ke dingin dalam waktu yang singkat. Akhirnya, otak pun mengirimkan sinyal berupa rasa sakit kepala atau pusing yang terjadi secara tiba-tiba.

Terhambatnya Aliran Darah

Kerap mengonsumsi air es setiap hari juga dikhawatirkan dapat menyebabkan aliran darah dalam tubuh menjadi terhambat. Beberapa ciri tubuh yang mengalami aliran darah yang terhambat adalah sering merasa lelah serta mudah mengantuk. Gejala ini biasanya juga disertai dengan masalah pernapasan, seperti napas yang pendek dan menjadi berat. Jangan remehkan bila kamu sering mengalami kondisi seperti ini. Segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pembekuan Otak

Selain kerap menimbulkan sakit kepala secara mendadak, terlalu sering meminum air es juga dikhawatirkan dapat menyebabkan masalah pembekuan otak. Ketika kamu mengkonsumsi air es (terutama menggunakan sedotan), aliran darah menuju otak akan berjalan semakin cepat sehingga timbullah rasa pusing sesaat yang lama kelamaan akan menjadi pembekuan otak. Biasanya, masalah ini lebih rentan terjadi pada penderita migrain dan vertigo. Namun, bagi kamu yang tidak menderita masalah tersebut tetap disarankan untuk mengurangi konsumsi air dingin dan menggantikannya dengan air hangat atau air putih bersuhu ruangan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});