Beneran Strawberry Bisa Cegah Kanker Payudara?
Foto: Pixabay

Beneran Strawberry Bisa Cegah Kanker Payudara?

Minggu, 23 Apr 2017 | 13:11 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Kanker payudara sedang menghantui para wanita. Tentu saja makanan yang mereka makan tak bisa sembarang. Dan stroberi menunjukkan hasil yang menjanjikan melawan kanker payudara, menurut sebuah studi baru.

Sebuah tim peneliti menunjukkan ekstrak stroberi menghentikan penyebaran sel kanker payudara yang tumbuh dengan baik, bahkan ketika sel-sel tersebut disuntikkan pada tikus untuk menginduksi tumor. Namun, penulis penelitian menekankan temuan ini, serta temuan dari penelitian lain yang menggunakan model hewan, mungkin tidak berlaku untuk manusia.

"Hasil ini tanpa keraguan berlaku untuk memahami efek potensial stroberi pada kanker payudara dan mekanisme molekuler yang terlibat," kata penulis studi Maurizio Battino, dalam siaran persnya.

"Tapi itu harus dilengkapi dengan studi klinis dan epidemiologi untuk memverifikasi apakah manusia memiliki efek positif yang sama seperti yang kita amati pada tikus." katanya.

Para ilmuwan memaparkan sel kanker payudara ke berbagai konsentrasi varietas Alba stroberi untuk periode 24, 48, dan 72 jam. Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports, menunjukkan bahwa sel-sel tersebut berhenti tumbuh (dengan dosis dan waktu stroberi tertentu) sebelum mereka sampai pada siklus saat mereka biasanya terbagi dan menyebar.

Selanjutnya, tikus lab betina berumur satu bulan diberi diet standar atau diet kaya yang mengandung ekstrak stroberi. Sekitar satu bulan kemudian, tikus tersebut disuntik dengan sel kanker payudara yang sangat agresif.

Akhirnya, lima minggu kemudian, para peneliti menyingkirkan tumor dari tikus dan menemukan bahwa diet yang diperkaya stroberi menghentikan penyebaran sel kanker ke jaringan sehat terdekat.

"Kami juga melihat penurunan berat badan dan volume tumor yang signifikan," kata Battino.

Meskipun semua buah memiliki banyak manfaat kesehatan, stroberi, dibandingkan dengan buah non-berry lainnya, memiliki sejumlah besar folat dan vitamin C. Namun, ada perbedaan antara berbagai jenis stroberi, catat para penulis.

Beberapa mengandung konsentrasi senyawa fenolik yang lebih tinggi, yang menurut penelitian sebelumnya bertanggung jawab atas efek kesehatan yang menguntungkan. Varietas Alba stroberi, yang digunakan dalam penelitian ini, berasal dari Italia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...