Benjolan di Ketiak? ini Penjelasannya!

Benjolan di Ketiak? ini Penjelasannya!

Selasa, 8 Mei 2018 | 09:05 | kontributor

winnetnews.com - Benjolan di ketiak bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pembesaran kelenjar getah bening (limfadenopati), infeksi akar rambut (folikulitis), gumpalan lemak (lipoma) dan sebagainya.

Penyebab tersering benjolan di ketiak adalah pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Pembesaran KGB ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah limfadenopati. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar, misalnya akibat adanya proses infeksi dari organ-organ disekitarnya ataupun adanya infeksi sistemik dalam tubuh.

Kebanyakan pembesaran kelenjar getah bening tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabnya merupakan keganasan (kanker). Pembesaran kelenjar getah bening ini dapat berbahaya bila dikuti dengan tanda-tanda keganasan seperti berat badan turun, benjolan bertambah besar dengan cepat, penyebaran kanker dari tempat lain, umur lebih dari 50 tahun dan adanya riwayat keganasan dalam keluarga.

Sementara itu lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada dibawah kulit yang terdiri dari lemak. Biasanya lipoma dijumpai pada usia lanjut (40-60 tahun), namun juga dapat dijumpai pada anak-anak. Karena lipoma merupakan lemak, maka dapat muncul dimanapun pada tubuh ini. Pada dasarnya lipoma tidak perlu dilakukan tindakan apapun, kecuali berkembang menjadi nyeri dan mengganggu pergerakan.

Penanganan lipoma secara optimal hanya dengan melakukan operasi. Biasanya seseorang menjalani operasi bedah untuk alasan kosmetik. Operasi yang dijalani merupakan operasi kecil, yaitu dengan cara menyayat kulit diatasnya dan mengeluarkan lipoma yang ada. Namun hasil luka operasi yang ada akan sesuai dengan panjangnya sayatan

Untuk memastikan penyebab timbulnya benjolan pada ketiak, disarankan sebaiknya kamu segera memeriksakan benjolan tersebut ke dokter umum atau dokter bedah. Mungkin dokter akan melakukan biopsi (pengambilan jaringan) pada benjolan tersebut untuk diperiksa dibawah mikroskop guna mengetahui jenis sel-sel yang terdapat pada benjolan tersebut. Dengan melakukan pemeriksaan tersebut, dokter dapat mengetahui mengetahui penyebab pastinya sehingga dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat sedini mungkin.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...