Benjolan yang patut dicurigai sebagai Kanker

Benjolan yang patut dicurigai sebagai Kanker

Selasa, 6 Sep 2016 | 21:52 | Rike

WinNetNews.com -Sel tubuh yang tumbuh bermutasi jadi ganas jika dibiarkan lama-lama dapat berubah menjadi gumpalan tumor besar. Ini yang disebut dengan kanker dan bila tumornya terjadi dekat dengan permukaan kulit ia bisa dirasakan bentuknya seperti benjolan.

Menurut Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) Profesor Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, tidak semua kanker dapat dideteksi dini dengan tanda benjolan. Dua jenis kanker yang dapat dilihat dari kehadiran benjolan ini contohnya yakni kanker payudara dan kanker kelenjar getah bening (limfoma). Karakteristik benjolan yang diduga adalah tumor ganas tersebut dijelaskan lebih jauh oleh dr Aru umumnya tak sakit, keras bila ditekan, dan menetap jika coba digerakkan."Dia biasanya tidak sakit, agak keras, bisa ada banyak nggak cuma satu, dan sulit untuk digerakkan dari dasarnya. Kalau kelenjar getah bening kan bisa kita gulung-gulung, dorong-dorong, ini enggak bisa dia udah nempel saja. Ini salah satu ciri tanda keganasan," ucap dr Aru saat ditemui dalam acara temu media RetroRun di Artotel, Sarinah, Jakarta, Senin (5/9/2016).

Jika seseorang menyadari dirinya miliki benjolan yang sebelumnya tak ada, kata dr Aru tak perlu langsung panik mengira kanker. Sebagian besar kasus benjolan terjadi karena peradangan kelenjar karena infeksi dan obatnya hanya dengan antibiotik. Winners perlu curiga bahwa benjolan sebagai tumor saat tak kunjung hilang pada waktu lama. Selain itu perhatikan pula ukurannya tiap hari sebab apabila terasa makin membesar segera cari bantuan medis."Kalau ketemu benjolan pantau selama beberapa bulan ke depan. Kalau dia sudah nggak bergerak seperti nempel di sekitarnya maka kita harus curiga bahwa ini merupakan kejadian ganas," terang dr Aru.

dr Aru menyebut untuk kanker jenis lain deteksi mungkin bakal lebih sulit dilakukan sebab tak ada tanda fisik yang terlihat jelas sebelum penyakit berkembang menjadi lebih parah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...