Bentuknya Mirip Peluru, Kereta Ini Bisa Melaju di Suhu Ekstrim -40 Derajat Celcius
Foto: CNN Travel

Bentuknya Mirip Peluru, Kereta Ini Bisa Melaju di Suhu Ekstrim -40 Derajat Celcius

Kamis, 14 Jan 2021 | 15:20 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  China memang dikenal dengan kemajuan teknologinya. Beberapa waktu yang lalu, Negara Tirai Bambu ini meluncurkan sebuah kereta dengan model mirip peluru.

Kereta peluru ini diklaim bisa melaju di iklim yang super dingin. Kereta CR400AF-G ini, diketahui bisa beroperasi dengan kecepatan 350 kilometer per jam dalam suhu -40 derajat Celcius.

Dilansir dari CNN Travel, kereta cepat ini merupakan bagian dari rangkaian kereta api unit listrik yang dikembangkan oleh China State Railway Group. Kereta CR400AF-G pertama kali meluncur di Beijing pada 6 Januari lalu.

kereta CR400AF-G
Kereta yang bisa melaju di suhu -40 derajat Celcius. Foto: Business Wire

Kereta tersebut akan menghubungkan ibu kota China dengan tujuan timur laut, termasuk kota Shenyang dan Harbin, yang terkenal dengan festival salju dan es tahunannya.

Pemerintah setempat belum menginformasikan lebih lanjut, kapan kereta ini bisa dioperasikan.

Dalam sebuah unggahan di media sosial China, WeChat, China Railway Beijing Group – bagian dari China State Railway Group Company – menjalankan beberapa komponen kereta yang dioptimalkan untuk membantu kemampuannya menahan suhu dingin. Ini termasuk, baut yang dibuat dengan paduan chromium-molybdenum (bahan yang tahan suhu sangat rendah), perangkat kontrol rem tahan suhu, dan pipa baja tahan karat yang dilengkapi pemanas.

Kereta CR400AF-G juga dilengkapi dengan desain resistansi rendah yang efisiensi, untuk membantu mengurangi konsumsi energi, dan bodi paduan aluminium yang ringan.

“Jika kereta berhenti di Harbin (salah satu kota terdingin di China) selama satu jam, karena cuaca yang sangat dingin, sistem pengereman dapat dengan mudah membeku jika berhenti bergerak untuk beberapa saat. Sistem baru ini akan mengaktifkan rem, bergerak dari waktu ke waktu meski kereta berhenti, seperti orang yang menghentakkan kakinya agar tetap hangat dalam cuaca dingin,” kata Zhou Song, selaku direktur China Railway Beijing Group.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...