Beragam Buah yang Ampuh Turunkan Kolesterol

Nurul Faradila

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Beragam Buah yang Ampuh Turunkan Kolesterol
Foto: masakapahariini,com

Winnetnews.com -  Selama lebaran kemarin, kebanyakan dari kita telah mengonsumsi daging lebih banyak dari biasanya. Hal yang sering ditakuti setelah makan-makan saat lebaran adalah naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.

Namun jangan khawatir, kita bisa mengonsumsi beberapa buah yang dianggap efektif untuk menurunkan kolesterol. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol.

Jeruk

Buah jeruk kaya akan kandungan serat yang larut dalam air dan berfungsi untuk mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Sehingga konsumsi jeruk secara rutin dapat mengurangi penumpukan kadar kolesterol jahat. Selain itu, jeruk juga mampu mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler.

Pisang

Pisang diketahui memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan potasium yang dapat mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Sehingga pisang dapat membantu kita dalam menurunkan kolesterol.

Apel

Buah ini mengandung beta glucan yang mampu mengandalikan produksi kolesterol. Selain itu, konsumsi apel juga dapat mencegah arteri yang mengeras, serta melindungi tubuh dari resiko serangan jantung ataupun stroke.

Pepaya

Buah pepaya tidak hanya bisa membantu kita dalam menurunkan berat badan, namun juga untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal ini lantaran pepaya memiliki vitamin E dan C yang bersatu dengan enzim paraoxonase, yang dapat membantu menghambat oksidasi kolesterol.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...