Berapa BI Rate Akhir Tahun Nanti?

Berapa BI Rate Akhir Tahun Nanti?

Selasa, 12 Jan 2016 | 19:05 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Ekonom Kenta Institute Eric Sugandi memproyeksi suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) akan diturunkan 25 basis poin masing-masing pada kuartal I, II dan IV. Dengan demikian, BI rate akan berada di level 6,75 persen pada akhir 2016.

“Kami melihat peluang penurunan 75 basis poin BI rate menjadi 6,75 persen hingga akhir 2016, saya kira penurunan 75 basis poin masih dalam koridor BI dalam upaya menjaga volatilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar AS,” kata dia di Jakarta, Senin (11/1).

Penurunan BI rate tersebut menurut Eric akan dilakukan secara bertahap. Penurunan pertama kemungkinan pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) Kamis mendatang.

Secara umum, kata dia, indikator makro ekonomi tahun ini diprediksi membaik. Defisit Transaksi Berjalan (current deficit acount/CAD) diperkirakan sedikit naik ke level 2 persen dari produk domestik bruto (PDB) dibandingkan 1,8 persen PDB. Sementara pertumbuhan ekonomi naik ke level 5,2 persen dari 4,7 persen didorong belanja pemerintah khususnya infrastruktur. Adapun inflasi sedikit melebar ke 4,5 persen dari 3,35 persen.

“Semua indikator itu memungkinkan BI rate diturunkan. Penurunan kedua kemungkinan kuartal kedua saat inflasi kemungkinan rendah menyusul masa panen. Juga ada political pressure dari Menko Perekonomian dan Wakil Presiden,” kata Eric.

(seperti dilansir dari Berita Satu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...