Berapa Lama Ganja Bisa Bertahan dalam Ludah, Darah Sampai Rambut Pemakainya?

kontributor
kontributor

Berapa Lama Ganja Bisa Bertahan dalam Ludah, Darah Sampai Rambut Pemakainya? Tumbuhan ganja jika disalahgunakan bisa merusak tubuh / foto : istimewa

winnetnews.com - Ganja merupakan narkotika golongan I yang paling berbahaya karena bisa membuat pemakainya kecanduan. Selain itu jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama akan mempengaruhi organ vital tubuh seperti jantung, yang dapat berujung pada kematian.

Efek ganja dapat bertahan di dalam tubuh manusia lebih lama dibandingkan dengan zat narkotika lainnya. Hal ini disebabkan ganja termasuk golongan lipophilic yang memiliki sifat larut dalam lemak dan bertahan di dalam lapisan lemak setelah masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, efek ganja bertahan di dalam tubuh dipengaruhi oleh banyaknya jumlah ganja yang dikonsumsi, frekuensi pemakaian ganja dan metode pemakaian ganja baik dihisap menggunakan rokok atau ditelan. Bagaimana mengetahui durasi seseorang memakai ganja?

Tes Urine

Salah satu cara termudah mendeteksi durasi seseorang memakai ganja yakni dengan dilakukannya tes urine. Jika 1- kali pemakaian, ganja akan bertahan di dalam tubuh selama 5-8 hari, 2-4 kali pemakaian ganja dalam 1 minggu akan bertahan selama 11-18 hari, 2-4 kali pemakaian ganja dalam 1 bulan akan bertahan di dalam tubuh selama 23-35 hari, 5-6 kali pemakaian ganja dalam 1 minggu akan bertahan di dalam tubuh selama 33-48 hari dan ini yang paling berbahaya.

Namun, bila pemakaian ganja rutin setiap hari maka akan bertahan di dalam tubuh selama 49–63 hari. Setelah pemakai berhenti menggunakan, kandungan ganja masih akan tersimpan di dalam urin selama 1 bulan.

Tes Darah

Dalam 1 kali pemakaian ganja akan bertahan selama 24 jam di dalam darah. Sementara pemakaian ganja rutin (2 – 4 kali dalam seminggu) akan bertahan di dalam darah selama 72 jam. Sedangkan Pemakaian ganja setiap hari akan bertahan di dalam darah selama 1 minggu.

Tes saliva (ludah)

Di dalam saliva efek ganja tidak bertahan lama. Dalam 1 kali pemakaian ganja akan bertahan sleama 24 jam di dalam saliva. Sedangkan untuk pemakaian ganja rutin (2–4 kali dalam seminggu) akan bertahan di dalam saliva selama 72 jam. Namun jika pemakaian ganja setiap hari akan bertahan di dalam saliva selama 1 minggu.

Tes rambut

Metabolisme ganja di dalam rambut terjadi setelah 7 hari pasca pemakaian. Namun efek ganja di dalam rambut akan bertahan selama 90 hari, dan pemeriksaan biasanya akan mengambil contoh rambut yang paling dekat dengan akar rambut.

Meski efek ganja dapat memberikan rasa senang bagi pemakainya, namun berbanding terbalik dengan dampak yang akan dirasakan oleh tubuh si pemakai. Pemakaian ganja dalam jangka waktu yang lama dapat menurunkan kemampuan kognisi untuk berpikir bahkan meningkatkan risiko terjadinya gangguan jiwa.

Apa Reaksi Kamu?