Berapa Lamakah Masa Inkubasi Hepatitis Akut Hingga Muncul Gejalanya?

Rusmanto

Dipublikasikan 2 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Berapa Lamakah Masa Inkubasi Hepatitis Akut Hingga Muncul Gejalanya?
detikcom
Winnetnews.com -  Masa inkubasi hepatitis merupakan interval waktu ketika seseorang terinfeksi dan kemungkinan timbul gejala. Anggota komite ahli hepatitis Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Prof Dr dr Rino Alvani Gani, SpPD-KGEH, mengungkapkan bahwa masa inkubasi tergantung pada penyebab hepatitis tersebut.

"Untuk masa inkubasi pada hepatitis akut, tergantung pada virusnya, tergantung pada penyebabnya," tuturnya pada webinar virtual, Sabtu (14/5/2022).

Apabila seseorang awalnya terinfeksi virus hepatitis A, masa inkubasinya sekitar dua minggu. Begitu juga dengan hepatitis B, masa inkubasinya mencapai antara dua sampai empat minggu.

"Kalau misalnya untuk hepatitis A, masa inkubasinya sekitar dua minggu. Untuk hepatitis B, bisa mencapai antara dua sampai empat minggu," lanjutnya.

Sedangkan untuk hepatitis misterius yang belakangan ini bikin geger, Prof Rino belum bisa memastikan karena sampai saat ini masih belum diketahui apa penyebab pastinya.

"Untuk hepatitis akut yang misterius yang sekarang ini ada, kita masih belum tahu. Karena penyebabnya apa masih belum tahu," lanjutnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Ungkap Berapa Lama Masa Inkubasi Hepatitis Akut Sampai Picu Gejala"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...