Berapa Sebenarnya Harga iPhone?

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Berapa Sebenarnya Harga iPhone?

 Wingamers.com - Sudah bukan rahasia umum bahwa produk Apple memang lebih mahal dari gadget pada umumnya. Versi termurah dari iPhone 6S dibanderol 649 dollar AS atau sekitar Rp 9,2 juta. Sementara itu, iPhone 6S Plus bakal dilepas dengan harga mulai dari 749 dollar AS atau sekitar RP 10,7 juta.

Tapi, berapa sebenarnya harga iPhone?? Analis dari Bank of America Merrill Lynch memberikan sedikit prediksinya perihal harga produksi tersebut.

Menurut analis tersebut, sebagaimana dirangkum dari Beta News, ongkos produksi iPhone 6S versi 64 GB diprediksi ada di harga sekitar 234 dollar AS (sekitar 3,3 juta). Maka diperkirakan Apple mendapatkan keuntungan sekitar 515 dollar AS (sekitar 7,4 juta).

Biaya produksi paling besar ada dari semikonduktor. Apple dikatakan harus merogoh setidaknya 127 dollar AS untuk bagian ini, termasuk 25 dollar AS untuk SoC A9 64-bit, 22 dollar AS untuk berbagai sensor (NFC, pemindai jari, dan lain-lain), dan 20 dollar AS untuk flash memory 64 GB.

Untuk layar sekitar 50 dollar AS. Komponen lainnya, termasuk untuk kamera dan baterai diprediksi sekitar 23 dollar AS. Ongkos produksi itu sedikit lebih mahal dari iPhone 6. Perangkat seri sebelumnya ini diprediksi mempunyai ongkos produksi sekitar 227 dollar AS. Jadi memang lumrah jika produk Apple mahal.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});