(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Berapakah Cadangan Minyak yang Dimiliki Indonesia?

Rusmanto
Rusmanto

Berapakah Cadangan Minyak yang Dimiliki Indonesia? ilustrasi

WinNetNews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat ada 128 cekungan yang berpotensi menyimpan cadangan minyak dan gas (migas). Dari 128 cekungan, 71 di antaranya berada di Indonesia timur.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, Ego Syahrial menyebutkan pembuktian cadangan di 128 cekungan harus dilakukan dengan melakukan pengeboran atau eksplorasi. Jika sudah dilakukan pengeboran, baru bisa diketahui berapa banyak cadangannya.

"Memang cadangan harus dibuktikan dengan pengeboran, pasti. Size cadangan harus dilakukan pengeboran, dibuktikan pengeboran. Cadangan besar pengeboran dites baru diketahui kandungannya," ujar Ego dalam acara Pertambangan dan Energi Expo 2017 di Hotel JW Marriott, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2017).

Selanjutnya, mengenai 71 cekungan di Indonesia timur, 41 di antaranya sama sekali belum disentuh atau dilakukan survei lebih lanjut. Hal ini disebabkan karena minimnya anggaran dalam melakukan survei awal potensi kandungan migas.

"Kalau mau jujur pemerintah berapa sih punya anggaran penyisiran di Indonesia timur, kecil sekali. Paling melalui Badan Geologi setahun 3 lokasi dan itu areanya terbatas, sebatas basin," tutur Ego. (detikcom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});